PERANAN AKTIVITAS PEMUDA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM NON-FORMAL DI DESA KARANGANYAR KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA TAHUN 2011

MUBAROK, AHMAD (2011) PERANAN AKTIVITAS PEMUDA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM NON-FORMAL DI DESA KARANGANYAR KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA TAHUN 2011. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
AHMAD MUBAROK.pdf

Download (79MB)

Abstract

Pemuda merupakan individu yang secara fisik sedang mengalamipertumbuhan jasmani dan secara psikis sedang mengalami perkembanganemosional. Pemuda hams memiliki kapasitas tertentu untuk masuk ke kalangankelompok profesional agar mampu bersaing pada tataran global. Di sinilahperanan pendidikan terutama bidang keagamaan yang merupakan penolong utarnabagi manusia untuk menjalani kehidupan dan pemuda menjadi titik strategis untuktumpahnya perhatian dalam pengembangan kegiatan pendidikan Islam nonformal. Oleh karena itu, penulis mencoba mengangkat "Peranan AktivitasPemuda dalam Pengembangan Pendidikan Islam Non Formal di desaKaranagnyar kecamatan Welahan kabupaten Jepara Tahun 201 J ".Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data yang diperolehberupa hasil wawancara, penemuan dokumentasi dan pengamatan melaluiobservasi. Penelitian dilakukan dengan analisis diskriptif kualitatif yaitu dengancara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan berdasarkan hasilwawancara, dokumentasi, dan observasi.Hasil penelitian ini digambarkan adanya peran aktifuya pemuda dalamsebuah organisasi yang ada di desa Karanganyar untuk mengembangkanpendidikan Islam non formal. Orientasi pemuda dalam berorganisasi adalahadanya keinginan diri pemuda sendiri untuk ikut andil dalam berorganisasi di desaKaranganyar. Faktor pendukung adalah adanya dukungan dari aktivitas organisasipemuda yang berkembang di desa Karanganyar yaitu organisasi pemuda tersebutmenjadi starting poin dan menjadi penompang dalam perkembangan pendidikanIslam non formal, dan adanya latar belakang masyarakat yang mayoritaspenduduknya beragama Islam, serta keinginan penduduk dalam memperdalamagama Islam cukup tinggi. Faktor penghambat adalah kurang terpenuhinya saranadan prasarana yang kurang memadahi serta sering terkedalanya dalam keuanganuntuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diperlukan dalam proses pembelajaran.Dengan demikian, peranan aktivitas pemuda mempunyai konstribusi yangpositif dalam pengembangan pendidikan Islam non formal, yaitu melaluiperkumpulan Organisasi yang ada di desa Karanganyar. Diantaranya: IPNU,IRMAS dan Karang Taruna. Pendidikan Islam Non Formal di desa Karanganyarberupa TP A, kursus bahasa Arab, majelis taklim, kajian kelslaman dan senibudaya Islam. Pengembangan yang dilakukan adalah pada metode pembelajaranyang dulunya hanya menggunakan metode ceramah saja, akan tetapi sekarang adabeberapa metode yang digunakan seperti; metode demonstrasi, permainan, dandiskusi pada setiap akhir pembelajaran. Di sini pemuda berperan lebih ditekankanpada organisasi yang diikuti, dimana peranan pemuda lebih banyak menjadi tutordan fasilitator pada setiap penyelenggaraan kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Jan 2020 03:46
Last Modified: 30 Jan 2020 03:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6902

Actions (login required)

View Item View Item