PENGARUH AKTIVITAS MENGAJI TEHADAP PRESTASI PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS PADA SISWA MI MUHAMMADIYAH KAWERON MUNTILAN KAB. MAGELANG TAHUN 2011

PUJIWATININGSIH, AMBARSARI (2011) PENGARUH AKTIVITAS MENGAJI TEHADAP PRESTASI PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS PADA SISWA MI MUHAMMADIYAH KAWERON MUNTILAN KAB. MAGELANG TAHUN 2011. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
AMBARSARI PUJIWATININGSIH.pdf

Download (60MB)

Abstract

Latar belakang masalah iniadalah kemampuan membaca AI Qur 'an yangberpengaruh pada prestasi pelajaran AI Qur'an Hadits. Rumusan masalah yangdiambil dalam penelitian ini adalah (1) Seberapa jauh aktifitas mengaji siswaMIMuhammadiyah Kaweron Muntilan Magelang Tahun 2011? (2) Seberapa jauhprestasi Pelajaran Al-Qur'an Hadits siswa MI Muhammadiyah Kaweron MuntilanMagelang Tahun 2011? (3) Adakah pengaruh aktifitas mengaji terhadap prestasiPelajaran Al-Qur'an Hadits siswa MI Muhammadiyah Kaweron Muntilan MagelangTahun 2011? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maim penelitian ini menggunakanpendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data, berupa pedoman observasi,kuesioner (angket), pedoman wawancaradandokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktifitas mengaji siswa MIMuhammadiyah Kaweron Muntilan Magelang Tahun 2011 tergolong tinggi, karenadari 40 responden terdapat 27 anak melakukan aktifitas mengaji kriteria aktif denganpersentase mencapai 67 ,50%. Sedangkan kriteria yang tergolong cukup aktif terdapat10 anak sebesar 25,00% dan yang tergolong kurang aktif terdapat 3 anak denganpersentase sebesar 7 ,50%. (2) Prestasi pelajaran Al-Quran Hadits siswa MIMuhammadiyah Kaweron Muntilan Magelang Tahun 2011 tergolong cukup baik,karena dari 40 responden terdapat 21 anak yang memiliki prestasi dengan kriteriacukup baik dengan persentase mencapai 52,50%. Sedangkan dengan kategori baikhanya 12 anak atau sebesar 30,00% dan yang tergolong berprestasi kurang terdapat 7anak atau sebesar 17,50%.Kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan korelasiproduct moment. Dan dari seluruh perhitungan didapatkan hasil ro=0,627, rttarafsignifikansi 5%=0,320, dan rt tarafsignifikansi 1%=0,413. Maka ro lebih besardaripada rt.Dari penelitian di atas ternyata aktifitas mengaji memiliki pengaruhterhadap prestasi pelajaran Al-Quran Hadits MI Muhammadiyah Kaweron MuntilanMagelang Tahun 2011. Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa aktifitas mengajidapat mempengaruhi prestasi belajar siswa terutama prestasi pelajaran Al-QuranHadits. Semakin tinggi aktifitas mengaji anak, maka semakin tinggi pula prestasipelajaran Al-Quran Hadits mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Jan 2020 04:01
Last Modified: 30 Jan 2020 04:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6903

Actions (login required)

View Item View Item