PENINGKATAN KEAKTIFAN DAY KREATIFITAS BELAJAR ANAK MELALUI METODE SENTRA DAY LINGKARAN/BEYOND CENTRE AND CIRCLE TIME (BCCT) PADA SISWA KELOMPOK B TK ISLAM IZZATUL ISLAM SAMIRONO KECAMATAN GETASAY KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2011

LESTARI, LESTARI (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAY KREATIFITAS BELAJAR ANAK MELALUI METODE SENTRA DAY LINGKARAN/BEYOND CENTRE AND CIRCLE TIME (BCCT) PADA SISWA KELOMPOK B TK ISLAM IZZATUL ISLAM SAMIRONO KECAMATAN GETASAY KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2011. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
LESTARI.pdf

Download (55MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui seberapa besar peranmetode sentra dan lingkaran / Beyond Centre and Circle Time (BCCT) dalammeningkatkan keaktifan clan kreatifitas belajar siswa di TK Islam Izzatul Islampenelitian ini adalah ( 1) Apakah penggunaan metode sentra clan lingkaran /Beyond Centre and Circle Time (8CCT) dapat meningkatkan keaktifan belajaranak kelas B3 TK Islam Izzatul Islam?, (2) Apakah metode sentra dan lingkaran /Beyond Centre and Circle Time (8CCT) dapat meningkatkan kreatifitas belajaranak kelas B3 TK Islam Izzatul Islam? . Untuk menjawab pertanyaan tersebutmaka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancanganPenelitian Tindakan Kelas (PTK).Temuan penelitian ini menunjukkan bahw Penelitian Tindakan Kelasdengan metode sentra dan lingkaran / Beyond Centre and Circle Time (8CCT)dapat memperbaiki pembelajaran dan meningkatkan kualitas siswa. Penelitianbersifat reflektis yaitu dalam proses penelitian peneliti bertindak sebagai guruyang harus memecahkan masalah yang terjadi di dalam kelas. Penelitian dibagidua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan,pengamatan clan refleksi.Hasil penelitian ini di dapatkan prosentase rata-rata pada siklus I 76,31 %pada keaktifan belajar siswa dan 76,31 % pada kreatifitas belajar siswa, meningkatpada siklus II yaitu 91,67% pada keaktifan belajar siswa dan 89,25% padakreatifitas belajar siswa.Berdasarkan basil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metodesentra clan lingkaran / Beyond Centre and Circle Time (BCCT) dalampembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan kreatifitas belajar anak. Hal inidapat dilihat dariantusias belajar yang dilaksanakan daritiap siklus selalumengalami peningkatan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2020 03:34
Last Modified: 03 Feb 2020 03:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6937

Actions (login required)

View Item View Item