PENGARUH SIKAP HETEROSTATIS GURU PAI TERHADAP ANTUSIASME SISWA DALAM MENGIKUTI PELAJARAN DI MI MA'ARIF NU GEDANGAN KEC. TUNTANG KAB. SEMARANG T AHUN 2010

APRILIYANA, LIYA (2011) PENGARUH SIKAP HETEROSTATIS GURU PAI TERHADAP ANTUSIASME SISWA DALAM MENGIKUTI PELAJARAN DI MI MA'ARIF NU GEDANGAN KEC. TUNTANG KAB. SEMARANG T AHUN 2010. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
LIYA APRILIYANA.pdf

Download (76MB)

Abstract

Guru sebagai tenaga profesi dalam pendidikan dan pengajaran. Gurumempunyai peranan penting dalam membangkitkan antusiasme siswa. Sebagaiposisi yang sangat menentukan keberhasilan pembelajaran, guru perlumemperhatikan aspek kognitif, aspek psikomotorik dan aspek afektif. Ketigaaspek ini menyatu dalam bentuk kreativitas guru guna pengaktifan siswa dalamproses belajar mengajar untuk mencapai profesi maksimal.Antusiasme yaitu suatu rasa keterikatan pada suatu hal atau aktifitas tanpaada yang menyuruh. Antusiasme timbul sehagai akibat guru herheterostatis. Sikapheterostatis yaitu sikap yang diperlukan dalam proses pembelajaran, karena guruyang berheterostatis selalu penuh inisiatif untuk meningkatkan mutu kerjanya.Dalam penelitian ini, masalah yang diangkat yaituPertama, bagaimana deskripsi sikap heterostatis guru PAI di MI Ma'arif NUGedangan Tuntang Kah. Semarang Tahun 2010 ? Kedua, hagaimana dcskripsiantusiasme siswa dalam mengikuti pelajaran PAI di Ml Ma'arif NU GedanganTuntang Kah. Semarang Tahun 2010 ? Ketiga, bagaimana pengaruh sikapheterostatis guru PAI terhadap antusiasme siswa dalam mengikuti pelajaran di MlMa'arifNU Gedangan Tuntang Kah.Semarang Tahun 2010?Sedangkan tujuan yang ingin dicapai yaituPertama, untuk mengetahui tingkat sikap heterostatis guru PAI di Ml Ma'arif NUGedangan Tuntang Kah. Semarang Tahun 2010. Kedua, untuk mengetahui tingkatantusiasme siswa dalam mengikuti pelajaran PAI di MI Ma'arif NU GedanganTuntang Kab. Semarang Tahun 2010. Ketiga, untuk mengukur pengaruh sikapheterostatis guru PAI terhadap antusiasme siswa dalam mengikuti pelajaran di MIMa'arifNU Gedangan Tuntang Kab. Semarang Tahun 2010.Penelitian ini menggunakan metode angket, sebagai instrumen untukmenjawab permasalahan diatas. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV dankclas V di MI Ma'arif Nu Gcdangan Kcc. Tuntang Kab. Semarang Tahun 2010.Adapun perolehan data yaitu dari pengisian daftar pernyataan oleh siswa.Dari analisis didapatkan bahwa r hitung > r tabel pada taraf signifikan 1 %=0,398 yaitu rhitung=0,65. Kesimpulannya sikap heterostatis guru dapatmempengaruhi antusiasme belajar siswa kelas IV dan kelas V di MI Ma'arif NUGedangan Kee. Tuntang Kah. Semarang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2020 03:58
Last Modified: 03 Feb 2020 03:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6939

Actions (login required)

View Item View Item