MUKAROMAH, MAISYATUL (2011) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FIQIH DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS V MI AL-HUDA BUMIREJO KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
MAISYATUL MUKAROMAH.pdf Download (63MB) |
Abstract
Penelitianini akan menjawab tentang efektivitas pembelajaran fiqih denganmenggunakan metode index card match. Penelitianiniadalah penelitian tindakankelas yang dilaksanakan pada MI Al Huda Bumirejo dengan sobyek yang ditelitisebanyak 20 siswa Sedangkan langkah-langkah penanganan tindakan kelasdiantaranya perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Hasil penelitian diketahui bahwa ketuntasan pembelajaran pada siklus Idiperoleh 3 siswa dengan prosentase 15%, pada siklus I mengalami peningkatan10% dari proses pembelajaran pm siklus. K.emudian dilanjutkan pada prosespembelajaransiklusII dengan pencapaian nilai akademik 9 siswa memperolehatasnilai diKKM yang telah ditentukan dengan prosentase 45% dari seluruhjumlah siswa. Peningkatan hasil belajar pada siklusini mencapai 30% dari siklussebelumnya. Dan pada sildus III sebanyak I 9 siswa yang nilainya mencapa.i batasketentuan minimalyang telah ditentukan dengan prosentase jawaban 95% darijumah siswa. Peningkatan hasil belajar pada siklus ini mencapai 50% dari siklussebelumnya. Jadisecara keseluruhan peningkatan hasil belajar siswa mencapai90% dari pembelajaran yang ditandai nilai pra siklus 5%, siklus I 15%, siklus II45% dan siklus III 95%. Dari hasil pengamatan penanganan tindakan kelas yangdilaksanakan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode index cardmatch sangat efektif untuk pembelajaran fikih kelas V MI Al Huda BumirejoKaliangkrik Kabupaten Magelang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 06:21 |
Last Modified: | 03 Feb 2020 06:21 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6944 |
Actions (login required)
View Item |