UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR'AN IMELALUI METODE GALLEKY OF LEARNING PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI SRUWEN 03 KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 201 1/2012

SRIYANI, SRIYANI (2012) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR'AN IMELALUI METODE GALLEKY OF LEARNING PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI SRUWEN 03 KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 201 1/2012. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SRIYANI.pdf

Download (53MB)

Abstract

Pemilihan metode pembelajaran penc dikan agama harus didasarkan padaanalisis kondisi pembelajarn pendidikan a.ama yang ada. Hasil analisis akanmenunjukkan kondisi pembelaj ran yang bagaimana dan apa hasil pembelajaranpendidikan mata pelajaran al-Qur'an yang elihaapkan. Setelah menetapkan danmengembangkan metode pembelajaran akan diperoleh informasi yangieugkapmengenai kondisi rill yang ada dan hasil pembelajar:an pendidikan aga.na yangdiharapkan. Berangkat dari permasalahan di tas, mtka secara umum permas:la'anyang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu; Apakah metode Gallery of Learningdapat meningkatkan perhatian anak terhada matapelajaran al-Qur'an? Apakahmetode Gallery of Learning dapat meningkatkan motivasi anak terhadap matapelajaran al-Qur'an? Apakah strategi Gallery of Learning dapt meningkatkanprestasi pada siswa kelas Vdi SDN Sruwen 03Kecamatan Tengarn KabupatenSemarang .Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan met de Gallery ofLearning dalam meningkatkan perhatian anak terhadap mata pelajara al-Qur'an.Untuk mengetahui metode Gallery of Learning alam meningkatkan motivasi anal,terhadap mata pelajaran al-Qur'an. Untuk mengetahui peningkatan prestasi padasiswa kelas V di SD N Sruwen 03 Kecanatan Tengaran Kabupaten Semarangsetelah menerapakan Gallery of learning.Dengan rancangan per.elitian tindakan kels (classroom Action Research) .Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan bertuk sklus berulang yang didalarnyaterd~pat empat tahapan utama kegiatan, yaitu percncanaan tindakan(planing),pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleks' (reflecting)anseterunya sampai perbaikan atau peningketan yang diharapkan tercapai (criteriakeberhasilan). Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu; (1) ob servasi;(2) dokurentasi. Tehnik anadisisdatayang bersift kualitatif yang terdiri dari basilobservasi dandokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yangberupa angka atau data kuantitatif dianalisis dengan cara menghitung prosentase.Berdasarkan hasil penelitian yang tela' dil ukan, dapat disimpulkan bahwaimplement?si metode Gallery of Learning pada mata pelajaran al-Qur'an dapatmeningkatkan prestasi belajar siswa kelas 5 di SD Negeri Sruwen 03 . Peningkatanmotivasi belajar siswa dapat dilihat dari obser vasi motivasi siswa persiklus . Selainitu, data empiris juga menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa. MetodeGallery of Learning dapat meningkatkan perhatian siswa dalam pembelajaran al­Qur'an sebesar 41,01 % pada siklus 1 : 53,90 % pada siklus II ; dan 73,43 %padasiklus IH. Penggunaan Metode dapat meningatkan motivasi siswa dalampembelajaran A\ Quran sebesar43, 75 %pada siklus ; 57, 03 pad siklus IF ; dan69,53 % pada siklus III.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Feb 2020 03:54
Last Modified: 04 Feb 2020 03:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6957

Actions (login required)

View Item View Item