NILAI-NILAI KETELADANAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA DI SMK NU UNGARAN, KAB. SEMARANG, JAWA TENGAH TAHUN 2011

HAKIM, FIRMAN (2011) NILAI-NILAI KETELADANAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA DI SMK NU UNGARAN, KAB. SEMARANG, JAWA TENGAH TAHUN 2011. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FIRMAN HAKIM.PDF

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam menyajikan banyak nilai nilaiketeladanan, hat ini sangat penting karena peserta didik memiliki kecenderunganuntuk meniru sesuatu yang dia percayai dan dipahami, sehingga Islam bukanhanya sekedar untuk dikagumi atau direnungi, akan tetapi supaya ditanamkan didalam diri dan diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari, Penelitian ini upayauntuk mengetahui (1) Bagaimana Bentuk keteladanan dalam proses pembelajaranmata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMK NU Ungaran Tahun 2011 ?02)Bagaimana tahapan pembentukan nilai dalam dalam proses pembelajaranpelajaran pendidikan Agama Islam di SMK NU Ungaran Tahun 20112? (3)Bagaimana Implikasi pelaksanaan nilai-nilai keteladanan dalam prosespembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK NU UngaranTahun 2011?Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metodologi penelitiankualitatif, metode pwngumpulan datanya dengan metode wawancara terstrukturartinya wawancara mendalam kepada siswa dan pengumpulan data dengandokumentasi untuk memperoleh data tentang sejarah, visi, misi, data guru, dandata siswa.Berdasarkan hasil wawancara dan analisis data hasil penelitian adalahsebagai berikut (1 )Pelaksanaan Nilai Keteladanan dalam Proses Pembelajaran diSMK NU ungaran dilaksanakan 2 cara yaitu keteladanan disengaja meliputi; gurumenceritakan tentang kegigihan dan kesabaran para Nabi dalam berjuangmenyi'arkan agama Islam, berkerudung bagi guru perempuan dan berpeci untukguru pria, (2) Tahapan pembentukan nilai dalam dalam proses pembelajaranpelajaran pendidikan Agama Islam di SMK NU Ungaran Tahun 2011 adalahtahap menyimak (receiving), tahap menanggapi (responding), tahap memberi nilai(valueing), tahap mengorganisasikan nilai (organization), dan tahap karakteristiknilai meliputi siswa menggunakan pengamatanya kepada guru untuk menerimarangsangan yang diberikan guru, siswa melakukan tanggapan, dengan melakukandan mempraktikan sesuatu yang dicontohkan dalam kehidupan nyata (3)Implikasipelaksanaan nilai-nilai keteladanan dalam proses pembelajaran mata pelajaranPendidikan Agama Islam di SMK NU Ungaran Tahun 2011 adalah komponenkognisi, komponen afeksi, dan komponen psikomotorik meliputi cara pandangdan berfikir siswa, perilaku dan sikap siswa sehari-hari,

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Feb 2020 03:19
Last Modified: 05 Feb 2020 03:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6989

Actions (login required)

View Item View Item