PENERAPAN VARIASI METODE MENGAJAR PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN FIQIH POKOK BAHASAN SHALAT IDAIN(Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas IV Madrasah IbtidaiyahMa'arif Kebonan Jatijajar Kecamatan Bergas Kabupaten SemarangTahun Ajaran 2010/2011)

ROSYADI, IWAN (2011) PENERAPAN VARIASI METODE MENGAJAR PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN FIQIH POKOK BAHASAN SHALAT IDAIN(Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas IV Madrasah IbtidaiyahMa'arif Kebonan Jatijajar Kecamatan Bergas Kabupaten SemarangTahun Ajaran 2010/2011). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
IWAN ROSADI.PDF

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (I) peningkatan keaktifansiswa pada pembelajar mata pelajaran Fiqih materi sholat Jdain melaluipenerapan variasi metode mengajar pada siswa Kelas IV MI Ma'arif Kebonantahun ajara 2010/2011, (2) peningkatan pemahaman siswa pada pembelajar matapelajaran Fiqih materi sholat Idain melalui penerapan variasi metode mengajarpada siswa Kelas IV MI Ma'arif Kebonan tahun ajara 2010/2011, (3)peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Fiqih materi sholat Idain melaluipenerapan variasi metode mengajar pada siswa Kelas IV MI Ma'arif Kebonantahun ajara 2010/2011.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subyekpenelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ma' arif Kebonan, berjumlah 14 siswa.Pelaksanaan kegiatan terdiri dari tiga siklus yang dilaksanakan pada awal bulanFebruari proses pengambilan data. Data diambil dengan cara observasi prosespembelajaran, wawancara, pre test dan tes formatif. Analisis yang dilakukanadalah analisis deskriptif kualitatif, dengan teknik simpangan dan persentase.Untuk kesimpulan digunakan teknik berfikir induktif dan deduktif.Kesimpulan basil penelitian adalah : (1) Pada siklus I siswa yang tuntasbelajar 9 orang (65%) dan yang tidak: tuntas 5 orang (35%), keaktifan siswa30.4% dengan kategori sangat tidak: aktif (2) pada siklus II siswa yang tuntasbelajar 14orang 100% dengan rata-rata 83.6, keaktifan siswa 72.3% dengankategori aktif (3) Peneliti tetap melanjutkan penelitian pada siklus III seluruhsiswa yang mencapai KKM artinya 100% tuntas dengan rata-rata kelas 85, dankeaktifan siswa mencapai 87.5 % dikatagorikan sangat aktif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Feb 2020 04:01
Last Modified: 05 Feb 2020 04:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6996

Actions (login required)

View Item View Item