KHAFIYAH, KHAFIYAH (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MELALUI METODE SOSIO DRAMA PADA SISWA KELAS VSDN BANYUBIRU O5 KEC. BANYUBIRU KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
KHAFIYAH.pdf Download (80MB) |
Abstract
Sejarah merupakan cerminan dari kehidupan masa lalu kita dan dapatdijadikan sebagai bahan instropeksi diri. Banyak kisah-kisah diceritakan di dalamAI-Qur'an sebagai pembelajaran bagi umat Islam. Pemberian materi sejarah atau/arikh di sekolah bertujuan agar siswa dapat mengetahui, memahami,menceritakan kembali, dan meneladani kehidupan tokoh yang ada di dalamnya.Pembelajaran materi sejarah kebudayaan Islam pada tingkat sekolah dasar masihmemiliki banyak kendala. Penelitianberusaha untuk memecahkanpermasalahan yang terjadi khususnya di kelas V SON Banyubiru 05 antara lain: 1)Apakah penggunaan metode sosiodrama dapat meningkatkan keaktifan siswadalam proses pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas V SDN Banyubiru05 Kecamatan Banyubiru Tahun Pelajaran 2011/2012? 2) Apakah penggunaanmetode sosiodrama dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam prosespembelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas V SDN Banyubiru 05 KecamatanBanyubiru Tahun Pelajaran 2011/20] 2? Penulis melaksanakan penelitian tindakankelas untuk menjawab permasalahan tersebut.mmPenelitian dilaksankan mulai tanggal bulan Juli hingga bulan Agustus20] 1 dan terdiri dari 3 siklus. Hasilnya menunjukkan bahwa metode sosiodramadapat meningkatkan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran sejarahkebudayaan Islam di Kelas V SDN Banyubiru 05 Kecamatan Banyubiru TahunPelajaran 2011/2012. Kesimpulan tersebut didukung dengan data jumlah siswayang masuk dalam kategori berpemahaman tinggi berturut-turut pada pra siklus,siklus I, siklus II dan siklus HI berjumlah 3 (10,0%), 8 (26,7%), 16 (53,3%), dan21 (70,0%). Jumlah siswa yang berpemahaman cukup menurun, jumlah siswaberpemahaman rendah dan sangat rendah tidak ada, serta ada 4 siswa (1,3%)yang berpemahaman sangat tinggi. Peningkatan pemahaman siswa terhadapmateri SKI di kelas V sebesar 20%-53,8%.. Hal ini bila metode sosiodramadilakukan dengan perencanaan yang matang dari guru, penggunaan waktu dantujuan pembelajaran yang tepat dan kontrol terhadap situasi kelas yang dilakukanpada setiap tahap pembelajaran. Hasil penelitian ini hendaknya dijadikan sebagaisalah satu pertimbangan bagi sekolah untuk melaksanakan pembelajaran denganmetode sosiodrama untuk mata pelajaran PAI Perlu adanya guru bimbingan dankonseling di sekolah untuk membantu siswa mengatasi permasalahanpermasalahan dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 05 Feb 2020 04:15 |
Last Modified: | 05 Feb 2020 04:15 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6999 |
Actions (login required)
View Item |