Mufarohan, Mufarohan (2016) PERPADUAN METODE PEMBELAJARAN AL-QUR’AN (STUDI ANALISIS TENTANG METODE AL BAGHDADI, IQRO’, QIROATI, AT TARTIL, DAN TILAWATI) DI TPQ AL GHOZALI NOBOREJO ARGOMULYO SALATIGA TAHUN 2015. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Mufarohan 11111008.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Mufarohan.2015. Perpaduan Metode Pembelajaran al-Qur’an(studi analisis tentang metode al baghdadi, iqro’, qiroati, at tartil, dan tilawati) di TPQ AL GHOZALI Noborejo Argomulyo Salatiga Tahun 2015.Skripsi.Jurusan Pendidikan Agama Islam.Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing:Maslikhah, S.Ag.,M.Si Kata kunci; Perpaduan Metode dan Pembelajaran al-Quran Al-Qur’an merupakan petunjuk jalan hidup umat Islam untuk meraih sukses dalam kehidupan di dunia dan akhirat.Rasulullah Saw menganjurkan pembelajaran al-Qur’an dimulai sejak masa kanak-kanak karena pada masa itu terkandung potensi belajar yang sangat kuat dan besar.Salah satu kesulitan membaca al-Qur’an bagi anak-anak karena ayat-ayatnya terdapat kalimat yang panjang sehingga mengakibatkan kurang lancar, bahkan tidak fasih dalam membaca.Maka bagi guru perlu menggunakan metode yang tepat dan efisien dalam mengajarkan membaca al-Qur’an.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode pembelajaran al-Qur’an di TPQ Al Ghozali Noborejo 2015, faktor pendukung dalam menggunakan metode pembelajaran al-Qur’an, faktor penghambat dalam menggunakan metode pembelajaran al-Qur’an, solusi mengatasi hambatan dalam pembelajaran di TPQ Al Ghozali Noborejo 2015. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Sesuai dengan pendekatan yang digunakan, maka kehadiran peneliti di kancah penelitian menjadi mutlak adanya.Penelitian ini dilakukan di TPQ Al Ghozali dengan informan ustadz/ustadzah TPQ.Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer meliputi observasi dan wawancara.Sekunder meliputi dokumentasi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa metode yang diterapkan di TPQ Al Ghozali Noborejo Salatiga, menggunakan 5 metode yang saling dikaitkan satu dengan yang lain. Metode-metode tersebut yaitu metode Al Baghdadi, iqro’, qiroati,at tartil, dan tilawati.Faktor Pendukungnya yaitu kurikulum TPQ yang sudah dirancangkan sebagai pengalaman edukatif yang menjadi tanggung jawab TPQ Al Ghozali dalam membantu anak-anak mencapai tujuan pendidikannya, yang diselenggarakan secara berencana, sistematik, dan terarah. Faktor yang menghambatpembelajaran TPQ Al Ghozali dan Perilaku santri yang sering tidak mau datang tepat waktu dan sering membolos itu akan mengganggu rencana pembelajaran yang telah dibuat.Solusi yang dilakukan pengelola lembaga Al Ghozali hendaknya memperbaiki kondisi sarana prasarana dan terus menerus memberikan motivasi pada santri, ustadz/ustadzah hendaknya juga turut membantu pengembangan sifat-sifat positif pada santri seperti rasa percaya diri dan saling menghormati dan memaksimalkan waktu yang ada, orang tua hendaknya memperhatikan pendidikan agama dan memberi motivasi anaknya agar serius dan bertanggung jawab dalam mengikuti pembelajaran di TPQ, santri harus menghargai waktu yang ada untuk mendukung kelancaran proses pembelajaran al-Quran di TPQ Al Ghozali.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Mar 2016 01:18 |
Last Modified: | 30 Mar 2016 01:18 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/704 |
Actions (login required)
View Item |