PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PELAJARAN IPA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) PADA SISWA KELAS IV SD ISLAM SAINS TEKNOLOGI (SD IST) AT-TAQWA KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

MURYONO, MURYONO (2016) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PELAJARAN IPA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) PADA SISWA KELAS IV SD ISLAM SAINS TEKNOLOGI (SD IST) AT-TAQWA KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img]
Preview
Text
MURYONO _ 115 11 038 _.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muryono. 2016. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pelajaran IPA Materi Bagian-bagian Tumbuhan dan Fungsinya melalui Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching Learning) Pada Siswa Kelas IV SD Islam Sains Teknologi (SDIST) At-Taqwa Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga Pembimbing : Peni Susapti, M.Si Kata Kunci : Prestasi Belajar IPA, Bagian-bagian Tumbuhan dan Fungsinya, Pendekatan Kontekstual (Contektual Teaching Learning). Penelitian ini digunakan untuk menjawab permasalahan yaitu apakah penerapan pendekatan kontekstual (contextual teaching learning ) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pelajaran IPA materi Bagian-bagian Tumbuhan dan Fungsinya pada siswa kelas IV SD Islam Sains Teknologi (SD IST) At-Taqwa Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang tahun pelajaran2015–2016. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPA materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya menggunakan pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching Learning) kelas IV SD Islam Sains Teknologi (SD IST) At-Taqwa Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang tahun pelajaran2015–2016 Berdasarkan permasalahan diatas, maka peneliti menggunakan Jenis penelitian tindakan kelas dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dengan tiga siklus. Model pembelajaran yang diterapkan adalah Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching Learning), pendekatan ini mengarahkan pemahaman siswa pada kenyataaan bahwa IPA sangat dekat dengan kehidupan mereka, sehingga belajar IPA menjadi lebih bermanfaat dan bermakna. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching Learning) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV pada bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya. Keberhasilan penelitian ini dapat ditunjukan melalui tes yang telah diperoleh. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 3 siswa atau 37,5% dengan rata-rata kelas 43,12, siklus II yang tuntas sebanyak 5 siswa atau 62,5% dan rata-rata kelasnya 71,25 dan siklus III prestasi siswa meningkat, 100% tuntas dengan nilai rata-rata kelas 89,37.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Mar 2016 01:56
Last Modified: 30 Mar 2016 01:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/705

Actions (login required)

View Item View Item