METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYUSUN KONSEP MATERI MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIY AH TEN GARAN KECAMATANTENGARANKABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJJARAN 2009/201

LISTIYANINGS, NUNUNG (2010) METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYUSUN KONSEP MATERI MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIY AH TEN GARAN KECAMATANTENGARANKABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJJARAN 2009/201. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NUNUNG LISTIYANINGSIH.pdf

Download (14MB)
[img] Text
2.pdf

Download (12MB)

Abstract

lam menyusun konsep mata pelajran IPA dengan menggunakan metode inkuiripada siswa Madrasah lbtidaitah (Ml) Tengaran. Pertanyaan utama yang ingindijawab melalui penelitian ini adalah apakah metode inkuiri dapat meningkatkanpenguasaan konsep mata pelajaran lPA pada siswa kelas V MI TengaranKecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010?. Untukmenjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan metode inkuiri.Berdasarkan permasalahan di atas, maka penelitian ini menggunakanpenelitian tindakan kelas. Adapun langkah-langkah dalam penelitian tindakankelas ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilakukandalam tiga siklus.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalammenyusun konsep dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkat.Pcningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian tindakan kelas (PTK) yangdilakukan pada tiga tingkatan yaitu siklus I, II dan lI1 yang menghasilkan nilai pretest dan post test mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata pre testyaitu 80,00, sedangkan nilai rata-rata post test yaitu 85,23, jadi hasil nilai rata-rataantara pre test dan post test mengalami peningkatan sebesar 5,23. Pada siklus IInilai rata-ratapre test yaitu 81,19, sedangkan nilai rata-ratapost test yaitu 90,71,jadi hasil nilai rata-rata antara pre test dan post test mengalami peningkatansebesar 9,52. Pada siklus III nilai rata-rata pre test yaitu 68,33, sedangkan nilairata-rata post test yaitu 86,67, jadi hasil nilai rata-rata antara pre test dan post testmengalami peningkatan sebesar 18,34.Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang penulis lakukan bagi siswa MlTengaran Kecamatan Tengaran Kabupaen Semarang ditemukan bahwa mayarakatsekolah (kepala sekolah, guru,dan siswa kelas V) menyambut secara positif.Mengacu pada temuan tersebut, maka penelitian ini rnerekomendasikan agarrnetode inkuiri dapat diterapkan pada proses pernbelajaran di tingkat sekolah dasar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Biografi dan Sejarah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2020 01:37
Last Modified: 10 Feb 2020 01:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7093

Actions (login required)

View Item View Item