PENGARUH SIKAP BELAJAR PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEMANDIRIAN BERIBADAH SISWA (Studi Kasus Kelas VU di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Nurul Islam Tcngaran Tahun Pclajaran 2013/2014)

HAYATI, ARISTA NUR (2014) PENGARUH SIKAP BELAJAR PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEMANDIRIAN BERIBADAH SISWA (Studi Kasus Kelas VU di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Nurul Islam Tcngaran Tahun Pclajaran 2013/2014). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ARISTA NUR HAYATI.pdf

Download (61MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Bagaimana sikap belajar siswadi SMPIT Nurul Islam Tengaran, 2) Bagaimana kemandirian beribadah siswa diSMPIT Nurul Islam Tengaran, 3) Adakah pengaruh sikap belajar terhadapkemandirian beribadah siswa di SMPIT Nurul Islam Tengaran tahun 2014.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penyebaran angket.Subyek penelitian sebanyak 63 responden, menggunakan teknik proporsionalrandom sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untukmenjaring data X dan data Y.Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan productmoment. Dari data yang dilakukan didapatkan hasil: 1) Sikap Belajar siswa kelas VIISMPIT Nurul Islam Tengaran, yang termasuk dalam kategori sangat tinggi (A)sebanyak 1 siswa atau 1,6 %, tinggi (B) sebanyak 60 siswa atau 95,23 %, sedang(C) sebanyak 2 siswa atau 3,17 %, rendah (D) sebanyak 0 siswa atau 0 %, 2)Kemandirian Beribadah siswa kelas VII SMPIT Nurul Islam Tengaran, termasukdalam kategori sangat tinggi (A) sebanyak 2 siswa atau 3, 17%, tinggi (B) sebanyak62 siswa atau 96,83 %, sedang (C) sebanyak 1 siswa atau 1,58 % dan rendah (C)sebanyak 0 siswa atau 0 %, 3) ada Pengaruh yang signifikan antara Sikap Belajarterhadap Kemandirian Beribadah siswa. Berdasarkan analisis data, ada pengaruhyang signifikan antara sikap belajar terhadap kemandirian beribadah siswa, hal inidibuktikan dengan r = 0,572, kemudian dikonsultasikan dengan harga r table baikpada taraf kesalahan 1 % (0,317) atau 5% (0,244) , artinya berdasarkan tabel rproduct moment ro lebih besar atau sama dengan rt.Maka dapat disimpulkan bahwa Sikap Belajar berpengaruh signifikanterhadap Kemandirian Beribadah siswa kelas VII SMPIT Nurul Islam Tengaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2020 02:18
Last Modified: 10 Feb 2020 02:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7098

Actions (login required)

View Item View Item