PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPS MATERI SEJARAH KERAJAAN ISLAM MELALUI METODE NUMBERED HEAD TOGETHER(NHT)DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN DUREN 01 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

MISJA, KHADZIK (2016) PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPS MATERI SEJARAH KERAJAAN ISLAM MELALUI METODE NUMBERED HEAD TOGETHER(NHT)DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN DUREN 01 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
Skripsi KHADZIK MISJA (PGMI) 115-11-025.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Misja, Khadzik. 2015. Peningkatan Minat Belajar IPS Materi Sejarah Kerajaan Islam melalui Metode Numbered Head Together (NHT) dengan Media Visual pada Siswa Kelas V SDN Duren 01 Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi.JurusanPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.FakultasTarbiyahdanIlmuKeguruan.Institut Agama Islam NegeriSalatiga.Pembimbing: Rasimin, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: MinatBelajar, IPS, Numbered Head Togetherdan Media Visual Kualitas pendidikan telah diupayakan melalui peningkatan kualitas tenaga pendidik, pengelolaan satuan pengajaran dan pemanfaatan pembelajaran yang digunakan. Namun kenyataannya belum memperlihatkan hasil yang optimal. Kondisi ini disebabkan kurang efektifnya pendekatan pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik yang berakibat ketidaknyamanan siswa dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Berdasarkan latar belakang masalah dapat dirumuskan permasalahan : apakah penggunaan metode Numbered Head Together(NHT) dengan media visual dapat meningkatkan minat belajar IPS materi Sejarah Kerajaan Islam siswa kelas V SDN Duren 01 Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016?adapun tujuan umum penelitian tindakan kelas ini adalah untuk menyatakanmetode pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan media visual dapat meningkatkan minat belajar IPS materi Sejarah Kerajaan Islam pada siswa kelas V SDNDuren 01 Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui siklus, yakni: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dengan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat dibuktikan bahwa penerapan metode Numbered Head Together (NHT) dengan media visualdapat meningkatkan minat belajar IPS materi Saejarah Kerajaan Islam pada siswa kelas V semester ISDN Duren 01 Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016 dibuktikan dengan persentase peningkatan minaSt belajar pada prasiklus sebanyak 5 siswa atau sebesar 25%, siklus I sebanyak 10 siswa atau sebesar 50%, siklus II sebanyak 15 siswa atau sebesar 75% dan siklus III sebanyak 18 siswa atau sebesar 90%. Metode Numbered Head Together (NHT) dengan menggunakan media visual dapat memenuhi target pencapaian KKM mata pelajaran IPS materi Sejarah Kerajaan Islam dari rata-rata pra siklus 57,75, siklus I sebesar 68,50, siklus II sebesar 72,25, dan siklus III sebesar 81,75, serta dapat melampaui KKM sebesar 70.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Apr 2016 04:41
Last Modified: 07 Apr 2016 04:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/722

Actions (login required)

View Item View Item