PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PERSPEKTIF AL QUR' AN(TELAAH SURAH AL HUJURAT AYAT 9-13)

TAFWIROH, SITI (2014) PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PERSPEKTIF AL QUR' AN(TELAAH SURAH AL HUJURAT AYAT 9-13). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SITI TAFWIROH.pdf

Download (66MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk menemukan solusi mengenaikonflik yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini. Solusi yang tidak terlepas dari AlQur'an sebagai pedoman hidup seluruh umat manusia. Pendidikan multiculturaldirasa relevan dengan al Qur'an yang mengandung nilai-nilai universal. Tujuandari penelitian ini adalah untuk; 1) Mengetahui nilai-nilai pendidikanmultikultural yang terkandung dalam Al Qur'an Surah Al Hujurat ayat 9-13, 2)mengetahui implementasi pendidikan multicultural dalam pendidikan Islam.Penelitian ini adalah library research, yaitu penelitian dimana objekpenelitiannya digali lewat berbagai sumber kepustakaan. Untuk membahaspermasalahan-permasalahan dalam penelitian mt, penulis menggunakanpendekatan kajian tafsir maudlu 'i. Metode ini penulis gunakan untukmenganalisis ayat- ayat yang membicarakan tema yang sama, yang kemudianpenulis kaitkan dengan paparan mengenai pendidikan multikultral. Sehinggadapat ditemukan titik temu, bahwa al Qur'an pun telah menjelaskan nilai-nilairnultikulturalisme yang terkristal di dalamnya.Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa pendidikan rnultikulturalmerupakan pndidikan yang berbasis keanekaragaman. Perbedaan suku, ras,agama, sarnpai kepada perbedaan kelas ekonomi dan sosial, sernuanya berhakmendapatkan hak-haknya sebagai menusia, makhluk Allah paling sempuma.Semuanya berhak mendapatkan penghormatan dan penghargaarn yang sarna.Karena al Qur'an telah rnenjelaskan bahwa hanya orang-orang yang bertakwalahyang paling mulia di sisi-Nya. Allah senantiasa memerintahkan untuk selalurnenghimpun persatuan, karena semua manuisa merupakan saudara, oleh sebab itumanusia dilarang untuk melakukan hal-hal buruk yang rnengakibatkanperpecahan. Kemudian Allah menjelaskan prinsip dasar hubungan bersosialkepada seluruh manusia. Nilai-nilai multikulturalisme yang terkandung dalamlirna ayat tersebut adalah; Memupuk Persaudaraan dalam Perbedaan, SalingMenghargai dan Saling Menghormati, Menjauhkan Diri dari Prasangka, BersikapTerbuka, Menumbuhkembangkan Sikap Inklusif, Membangun Sikap Toleransi,Meningkatkan Ketakwaan Terhadap Allah SWT. Dalam perwujudannya,Pendidikan multikultural dapat disajikan dalam bentuk materi pembelajaran.Diintegrasikan dengan pendidikan agama Islam dan pendidikan kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2020 02:17
Last Modified: 13 Feb 2020 02:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7308

Actions (login required)

View Item View Item