Setyasih, Diyah Ayu (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENYIMAK CERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS III SD NEGERI TEGALREJO 01 KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
Diyah Ayu Setyasih_11510028.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan semangat belajar siswa kelas III MI SDN Tegalrejo 01 Tengaran terhadap pelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya variasi media pembelajaran, seperti ceramah yang ternyata belum dapat membangkitkan minat siswa dalam pembelajaran, yang pada akhirnya berpengaruh pada hasil belajar siswa terhadap materi yang disampaikan. Masalah yang dikaji adalah apakah penerapan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas III SDN Tegalrejo 01, Kec. Tengaran, Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas (class action research) dengan media audio visual. Data dalam peneliti ini diambil dengan metode observasi atau melihat perilaku siswa atau nilai proses dalam pelaksanaan pembelajaran dan metode dokumentasi berupa nilai evaluasi siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan tindakan membuahkan hasil, berupa peningkatan hasil belajar menyimak cerita pada siswa kelas III SDN Tegalrejo 01 Kec. Tengaran Kab. Semarang tahun ajaran 2014/2015. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. Dari hasil siklus I dapat diketahui bahwa nilai rata-rata siswa dalam menyimak cerita adalah 63,7. Sebanyak 4 siswa atau 25% siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan 12 siswa atau 75% siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada hasil siklus II sebanyak 16 siswa telah mencapai angka ketuntasan minimal dengan prosentase 100%. Rata-rata kelas mencapai 79,1. Dengan melihat hasil kedua siklus diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar menyimak cerita.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2016 06:56 |
Last Modified: | 09 Feb 2016 06:56 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/75 |
Actions (login required)
View Item |