MARKETING STRATEGY UNTUK MEMPERTAHANKAN LOYALITAS ANGGOTA SIMPANAN DI BMT RAMADANA SALATIGA

Kusmaningrum, Nidya Ayu (2019) MARKETING STRATEGY UNTUK MEMPERTAHANKAN LOYALITAS ANGGOTA SIMPANAN DI BMT RAMADANA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Nidya Ayu Kusmaningrum_64010160058.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana marketing strategy yang diterapkan BMT RAMAdana Salatiga dalam mempertahankan loyalitas anggota khususnya pada produk simpanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif yang menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil observasi dan wawancara kepada karyawan dan 20 anggota BMT, sedangkan pengambilan data sekunder dilakukan dengan pengumpulan dokumen-dokumen BMT RAMAdana Salatiga dan studi pustaka.Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa marketing strategy yang digunakan BMT RAMAdana Salatiga dalam mempertahankan loyalitas anggota diantaranya : a) Keramahan Karyawan; b) Sikap Responsif (layanan antar jemput bola dan penggunaan mobile printer); c) Tidak membebankan administrasi pada segala jenis simpanan; d) Pemberian bonus pada simpanan; d) Memberikan kemudahan dalam pengajuan pembiayaan. Indikator loyalitas anggota di BMT RAMAdana diadopsi dari teori Griffin. Sesuai dengan hasil wawancara dan kuesioner, setia menabung sampai sekarang menjadi indikator yang mayoritas dipilih oleh anggota simpanan di BMT RAMAdana Salatiga. Selain itu, faktor penunjang yang menjadi pemicu munculnya loyalitas di BMT RAMAdana Salatiga, hasil tertinggi dari kuesioner menunjukkan keramahan karyawan dan sikap responsif yang diberikan karyawan kepada anggota simpanan. Selain itu, dalam mengimplementasikan merketing strategy, masing-masing strategi yang diterapkan pastilah terdapat kelebihan dan kekurangan dalam praktiknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2020 03:33
Last Modified: 26 Feb 2020 03:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7545

Actions (login required)

View Item View Item