Pengaruh Religiusitas, Motivasi dan Persepsi Nilai Terhadap Loyalitas Nasabah dalam Menggunakan Produk Bank Syariah

Arba’ati, Atina Rahmi (2016) Pengaruh Religiusitas, Motivasi dan Persepsi Nilai Terhadap Loyalitas Nasabah dalam Menggunakan Produk Bank Syariah. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ATINA RAHMI ARBA'ATI - PS S1 - 21311009.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Arba’ati, Atina Rahmi. 2016. Pengaruh Religiusitas, Motivasi dan Persepsi Nilai Terhadap Loyalitas Nasabah dalam Menggunakan Produk Bank Syariah. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Jurusan S1 Perbankan Syariah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Qi Mangku Bahjatulloh, Lc., M.Si. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh variabel religiusitas, motivasi dan persepsi nilai terhadap loyalitas nasabah khususnya mahasiswa Perbankan Syariah dalam menggunakan produk bank syariah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada responden. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 mahasiswa yang mewakili populasi sebanyak 662 mahasiswa jurusan S1 Perbankan Syariah angkatan 2010-2014. Berdasarkan hasil uji regresi berganda, variabel religiusitas, motivasi dan persepsi nilai secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas nasabah dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05. Sedangkan secara parsial (individu) ketiga variabel independen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dilihat dari nilai signifikansi yang kurang dari 0,05. Variabel motivasi dan persepsi nilai memiliki pengaruh positif signifikan, akan tetapi variabel religiusitas memiliki pengaruh negatif signifikan dikarenakan nilai t-test menunjukkan angka -0,303. Nilai Adjusted R Squaresebesar 0,591 yang berarti bahwa variabel religiusitas, motivasi dan persepsi nilai dapat menjelaskan pengaruh terhadap variabel loyalitas sebesar 59,1% sedangkan sisanya 40,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar model persamaan penelitian. Kata kunci: Religiusitas, Motivasi, Persepsi Nilai dan Loyalitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Apr 2016 03:32
Last Modified: 11 Apr 2016 03:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/760

Actions (login required)

View Item View Item