ULFA, MARIA (2013) Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning Kelas XII Di SMK Syubbanul Wathon Tegalrejo Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran2013/2014. Other thesis, STAIN.
Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
MARIA ULFA.pdf Download (8MB) |
Abstract
Pembelajaran kitab kuning merupakan pembelajaran yang biasa dikaji didunia pesantren. Dan pada masa sekarang kitab kuning tidak hanya dikaji dipesantren saja tetapi juga di lembaga pendidikan formal dan khususnya padalembaga yang berbasis pesantren. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menelitipelaksanaan pembelajaran kitab kuning kelas XII di SMK Syubbanul Wathon.Pertanyaan utama yang akan dijawab peneliti adalah (1) Bagaimana pelaksanaanpembelajaran kitab kuning kelas Xll di SMK Syubbanul Wathon Tegalrejo? (2)Apa faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan pembclajaran kitabkuning kelas XII di SMK Syubbanul Wathon? (3) Bagaimana solusi yangditempuh untuk mengatasi faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran kitabkuning siswa kelas XII di SMK Syubbanul Wathon?Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti mendapatkandata menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahappenelitian meliputi pra lapangan, pekerjaan lapangan, dan analisis data.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (I) Implementasi pembelajarankitab kuning dalam proses pembelajaran kelas XII di SMK Syubbanu WathonTegalrejo meliputi (a) konsep pembelajarannya yaitu dengan metode -metodeyang simpel.praktis dan aplikatif (b) kebijakan umum mengenai pembelajarankitab kuning dcngan menerapkan sckolah berbasis pesantren (c) pelaksanaannyadengan memadukan antara pembelajaran pesantren dan pembelajaran sekolahformal (d) jenis kitab yang dikaji oleh siswa kelas XII yaitu kitab Fath-u '-Qarib,Uqudullujain dan Sharaf (e) metode pembelajaran menggunakan metode sorogan,bandongan, diskusi atau musyawarah dan team teaching (f) pengajar kitab kuningmcrupakan alumni dari pondok pesantren API Tegalrejo (g) penilaian dilak ukanpada saat UTS dan UAS, dan untuk nilai harian dengan membaca kitab danhafalan, (2) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kitab kuningmeliputi (a) fak tor pendukung pembelajaran kitab kuning yaitu antusiasme siswacukup tinggi dalam mengikuti pembelajaran kitab kuning, semua siswadiwajibkan berada di asrama atau mondok, peraturan yang cuku p ketat, adanyasanksi bagi siswa yang terlambat mengikuti kegiatan pembelajaran (b) faktorpenghambat: gedung masih belum memadai, latar belakang anak yang bebedabeda, mctode pembelajaran kadang mengundang kebosanan pada anak, (3) solusiuntuk mengatasi faktor penghambat yaitu: proses pcmbangunan tcrus berjalan,menerapkan sistem giliran antara siswa putra dan putri, sistem pembelajarannyaterus dibenahi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 06:55 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 06:55 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7634 |
Actions (login required)
View Item |