AHMAD, AKIF KHUMAIDULLOH (2018) PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK UMUM SYARIAH DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
skripsi.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penerapan Good Corporate Governance menjadi suatu kebutuhan bagi setiap Bank syariah untuk meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat demi menjaga loyalitas nasabah. Salah satu wujud dari penerapan Good Corporate Governance adalah Corporate Social Responsibility yang merupakan bentuk pertanggungjawaban Bank terhadap masyarakat atau lingkungan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengarauh langsung dan pengaruh tidak langsung penerapan GCG (X) terhadap loyalitas nasabah (Y) dengan CSR (M) sebagai mediasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank BRISyariah Kcp Weleri dengan jumlah populasi tidak diketahui secara pasti (Unknown Population). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 100 nasabah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode non probability sampling, karena populasi yang diteliti infinite (populasi yang jumlah anggota populasi tidak diketahui) selain itu juga dilakukan pengambilan sampel secara Accidental Sampling (Convenience sampling). Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket/kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah uji path analisis. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan alat bantu IBM SPSS Statistics 16. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penerapan good corporate governance (X) terhadap loyalitas nasabah (Y), terdapat pengaruh positif dan signifikan penerapan good corporate governance (X) terhadap corporate social responsibility (M), tidak terdapat pengaruh signifikan corporate social responsibility (M) terhadap loyalitas nasabah (Y) dan pengaruh langsung GCG (X) terhadap loyalitas nasabah (Y) lebih besar dibandingkan pengaruh tidak langsung GCG (X) terhadap loyalitas nasabah (Y) dengan melalui CSR (M). Hasil ini menunjukkan bahwa CSR (M) tidak dapat memediasi pengaruh langsung GCG (X) terhadap loyalitas nasabah (Y)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1) |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 07:20 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 07:20 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7646 |
Actions (login required)
View Item |