BUDIARTI, KHUSNUL ARIEFAH (2014) Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Novel Serial Anak-Anak Mamak Karya Tere Liye. Other thesis, STAIN.
Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
KHUSNUL ARIEFAH BUDIARTI.pdf Download (7MB) |
Abstract
Pendidikan Islam adalah salah satu komponeo inti dalam duniapendidikan. Karena manusia membutuhkan tidak hanya pengetahuan saja namunjuga kekuatan spiritual keagamaan agar terbentuk manusia seutuhnya (insankamil) sesuai dengan nonna Isla1n. Namun, di era kemajuan teknologi sepertisekarang ini pendidikan tidak hanya bisa didapat di sekolah atau lembagapendidikan formal saja. Pendidikan bisa didapat dari mana saja. Salah satunyaadalah melalui karya sastra yang bermutu dan berkualitas. Salah satunya adalahnovel Serial Anak-Anak Mamak karya Tere Liye yang terdiri dari empat serialyaitu Eliana, Pukat, Burlian, dan Amelia yang di dalamnya banyak mengandungnilai-nilai pendidik an islam.Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui adakah nilai-nilai pendidikanIslam dalam novel serial anak-anak mamak karya Tere Liye. Pertanyaan utamayang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah nilai-nilaipendidikan islam yang terkandung pada novel Serial Anak-Anak Mamak karyaTere Liye 2. Bagaimanakah karakteristik tokoh utama pendidik yang patutditeladani pada novel Serial Anak-Anak Mamak karya Tere Liye 3.Bagairnanakah implikasi nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung pada novelSerial Anak-Anak Mamak Karya Tere Liye pada kehidupan sehari-hariPenelitianini merupakan penelitian kepustakaan (library research),sedangkan dalam pengumpulan datanya menggunakan metode dokumenter(bibliographis), analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah analisis isi(content analysis)..Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : (1) Nilai-nilai Pendidikan Islamyang terkandung dalam novel Serial Anak-Anak Mamak diantaranya: nilaipendidikan aqidah/keimanan (iman kepada Allah, iman kepada mnalaikat, imankepada hari akhir/hari kiamat, iman kepada qadla dan qadar), nilai pendidikansyari'ah/ibadah (sltalat, wudhu, adzan, zakat, khitan, berdoa, menuntut ilmu),Nilai pendidikan akhlak {akhlak terhadap Allah (tawakal, ikhlas, khauf dan raj',bertaubat, bersyukur), akhlak terltadap diri sendiri (shidiq/jujur, amanah, sabar,khusnuzon, optimis, disiplin, kana'ah, tanggung jawab, menutup aurat, syaja'ah,tawadhu), akhlak terhadap orang tua (birrul walidain, sopan santun), akhlakterhadap sesama (menjaga silaturahmi, berbuat adil, menjaga aib, gotong royong,saling ineraatkan, peduli), akhlak terhadap lingkungan (mnenjaga dan tidakmerusak, memanfaatkan dengan baik)},(2) Karakter utama pendidik diantaranya: Pak Bin (memniliki kompetensipedagogik (menguasai kelas, kreatif dan inovatif), kompetensi profesional(berwawasan luas), kompetensi kepribadian (penuh kasih sayang, bijaksana dan adil, optimis dan berorientasi pada masa depan, ikhlas, teladan yang baik,disiplin, memiliki dedikasi yang tinggi), kompetensi sosial (peduli danresponsif)}, Nek Kiba (Sabar, Jujur, Zuhud) (3) Implikasi nilai pendidikan Islamdalam kehidupan sehari-hari yaitu tentang pentingnya penanaman pendidikanagama yang harus dilakukan sejak dini untuk membentuk karakter kepribadianyang kuat. Karena seorang anak adalah generasi penerus bangsa selanjutnya. Danbangsa yang kuat adalah ketika memiliki generasi penerus yang kuat, yang tidakhanya berpengetahuan dan pandai namun juga memiliki karakter kepribadian yangkuat melalui pendidikan agama.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 07:46 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 07:46 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7661 |
Actions (login required)
View Item |