ANALISIS PENGARUH E-BANKING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI PERBANKAN SYARIAH DENGAN KOMITMEN KEAGAMAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Nasabah BRI Syariah di IAIN Salatiga)

Riza, Noviana Diah (2018) ANALISIS PENGARUH E-BANKING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI PERBANKAN SYARIAH DENGAN KOMITMEN KEAGAMAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Nasabah BRI Syariah di IAIN Salatiga). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi yang menyebabkan munculnya aplikasi-aplikasi yang berbasis Electronic Banking (E-Banking), sehingga setiap perusahaan atau organisasi harus bekerja bersama-sama secara optimal untuk menghasilkan produk e-banking dan pelayanan yang berkualitas serta komitmen keagamaan yang tinggi sehingga meningkatkan loyalitas nasabah pada perbankan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-banking dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabaha di perbankan syariah dengan komitmen keagamaan sebagai variabel moderasi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa IAIN Salatiga.Sampel yang diambil sebanyak 384 responden dengan teknik random sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 20. Analisis ini meliputi uji reliabilitas, uji validitas, uji asumsi klasik, uji statistic, uji regresi linier berganda dan uji moderasi menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil uji t (parsial) menunjukkan bahwa e-banking berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. sedangkan uji f (simultan) menunjukkan nilai 152,677 yang berarti bahwa e-banking, kualitas pelayanan dan komitmen keagamaan secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah. hasil uji regresi linier berganda menunjukkan hasil Y= 3,059 + 0,566X1 + 0,330X2 – 0,069Z + 0,05. Komitmen keagamaan dapat memoderasi (memperkuat) pengaruh e-banking dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah di perbankan sayariah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Feb 2020 08:34
Last Modified: 28 Feb 2020 08:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7716

Actions (login required)

View Item View Item