Afidatus, Solikah (2020) Keefektifan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan Strategi Pembelajaran Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bringin Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
S K R I P S I _ M E A _ A F I D ATUS.pdf Download (6MB) |
Abstract
Keadaan siswa di SMP N 2 Bringin diketahui bahwa penguasaan materi matematika oleh siswa masih tergolong rendah khususnya dalam pemahaman soal yang berbentuk soal pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan model dan strategi pembelajaran yang dikonstruksikan menjadi satu yaitu model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dan strategi pembelajaran heuristik. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat perbedaan rata-rata posttest yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP N 2 Bringin antara yang menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan strategi pembelajaran heuristik dan model pembelajaran konvensional, (2) Apakah terdapat perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP N 2 Bringin antara yang menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan strategi pembelajaran heuristik dan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu kelas VIIF sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIE sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 25.0 dengan uji Independent Sampel T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Means Ends Analysis dengan strategi pembelajaran heuristik efektif dalam kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP N 2 Bringin. Hal tersebut dapat dilihat dari kriteria pembelajaran efektif yaitu (1) terdapat perbedaan ratarata posttest yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP N 2 antara yang menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan strategi pembelajaran heuristik dan model pembelajaran konvensional; (2) terdapat perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP N 2 Bringin antara yang menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan strategi pembelajaran heuristik dan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Terapan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 09 Mar 2020 06:53 |
Last Modified: | 30 Apr 2020 03:35 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7777 |
Actions (login required)
View Item |