Pengaruh Komunikasi Persuasif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X di SMK Islam Sudirman Ungaran Tahun Pelajaran 2015/2016

Winarni, Winarni, Ria (2016) Pengaruh Komunikasi Persuasif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X di SMK Islam Sudirman Ungaran Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Ria Winarni 111 11 065.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Winarni, Ria. 2015. Pengaruh Komunikasi Persuasif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X di SMK Islam Sudirman Ungaran Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata kunci: komunikasi persuasif dan konsentrasi belajar Komunikasi persuasif adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk merubah pemikiran, sikap seseorang. Penelitian ini merupakan upaya untuk mencari pengaruh komunikasi persuasif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap konsentrasi belajar siswa kelas X di SMK Islam Sudirman Ungaran tahun pelajaran 2015/2016.pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: 1)Bagaimanakah komunikasi persuasif yang dilakukan guru di SMK Islam Sudirman Ungaran tahun 2015/2016? 2)Bagaimanakah konsentrasi belajar siswa di SMK Islam Sudirman Ungaran tahun 2015/2016? 3)Adakah pengaruh komunikasi persuasif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap konsentrasi belajar siswa kelas X di SMK Islam Sudirman Ungaran tahun 2015/2016? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1)untuk mengetahui komunikasi persuasif dalam pembelajaran di SMK Islam Sudirman Ungaran tahun 2015/2016 2)untuk mengetahui konsentrasi belajar siswa di SMK Islam Sudirman Ungaran tahun 2015/2016 3)untuk mengetahui pengaruh komunikasi persuasif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap konsentrasi belajar siswa kelas X di SMK Islam Sudirman Ungaran tahun 2015/2016. Adapun jenis penelitian ini adalah kuantitatif karena data yang dikumpulkan berupa angka-angka dan penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa angket serta dokumentasi. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 siswa. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa 1)komunikasi persuasif terhadap siswa kelas X di SMK Islam Sudirman Ungaran termasuk dalam kategori tinggi karena 12 siswa (38,7%) dalam kategori tersebut. Sedangkan kategori sedang mempunyai prosentase (35,8%) atau 11 siswa. Kategori rendah mempunyai prosentase (25,8%) atau 8 siswa. 2)konsentrasi belajar siswa kelas X di SMK Islam Sudirman Ungaran termasuk kategori tinggi karena sebanyak 12 siswa (38,7%) berada dalam kategori tersebut, sedangkan kategori sedang mempunyai prosentase (35,8%) atau 11 siswa, adapun kategori rendah (25,8%) atau 8 siswa. 3) adanya pengaruh positif antara komunikasi persuasif terhadap konsentrasi belajar siswa di SMK Islam Sudirman Ungaran. Kesimpulan ini diambil dari hasil konsultasi antara rxy hitung dengan rxy tabel pada taraf signifikan 1% dengan jumlah responden 31 siswa diperoleh nilai 0,456%. Maka jika dibandingkan dengan rxy hitung (0,47) lebih besar dari nilai r tabel. Bila dibandingkan 0,47 > 0,456, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) yang penulis ajukan diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2016 01:56
Last Modified: 12 Apr 2016 01:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/779

Actions (login required)

View Item View Item