Upaya Meningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika MateriPeluang Melalui Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) PadaSiswa Kelas VIII E MTs Yajri Payaman Kabupaten Magelang Tahun Ajaran2018/2019

ULUM, DAFINIATUL (2020) Upaya Meningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika MateriPeluang Melalui Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) PadaSiswa Kelas VIII E MTs Yajri Payaman Kabupaten Magelang Tahun Ajaran2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI Dafiniatul Ulum_ T.MTK 2020 .pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1)ApakahModel Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkankeaktifan belajar matematika siswa kelas VIII E MTs Yajri Payaman KabupatenMagelang tahun ajaran 2018/2019? (2)Apakah Model Pembelajaran Team AssistedIndividualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIE MTs Yajri Payaman Kabupaten Magelang tahun ajaran 2018/2019?Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam2 siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.Penelitian ini dilakukan di kelas VIII E MTs Yajri Payaman dengan banyak siswadalam satu kelas adalah 28 siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan untuk mengukurkeaktifan belajar berupa lembar observasi, serta tes tertulis dalam bentuk soal pilihanganda untuk mengukur hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Team AssistedIndividualization (TAI). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisispenelitian tindakan kelas. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, tesdan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penggunaan model pembelajaranTeam Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswakelas VIII E MTs Yajri Payaman (2) Penggunaan model pembelajaran Team AssistedIndividualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII E MTs YajriPayaman. Hasil ini didukung dengan data konkrit yang menunjukan bahwa rata-rataprosentase keaktifan belajar pra siklus mencapai persentase 46,78%, siklus I menjadi53,56% dan pada siklus II menjadi 63,21%. Sehingga peningkatan keaktifan belajarsiswa dikatakan berhasil karena rata-rata persentase capaiannya lebih dari 60%.Sedangkan untuk peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dalam mencapai nilai KKMyang ditentukan oleh sekolah yaitu 65 adalah sebagai berikut; pra siklus sebesar 57%,Siklus I meningkat menjadi 64% dan pada Siklus II meningkat menjadi 89%. Sehinggapeningkatan hasil belajar dikatakan berhasil karena rata-rata perosentasenya sudahmencapai batas yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Mar 2020 06:37
Last Modified: 11 Mar 2020 06:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7791

Actions (login required)

View Item View Item