EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN PADA SISWA KELAS VIII SMP N 4 SALATIGA TAHUN AJARAN 2019/2020

NI’MAH, NAIN TINA ULFATUN (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN PADA SISWA KELAS VIII SMP N 4 SALATIGA TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NAIN TINA ULFATUN NI’MAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS), mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar matematika materi pola bilangan pada siswa kelas VIII SMP N 4 Salatiga tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VIII A dan kelas VIII B SMP N 4 Salatiga. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan teknik dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes yaitu 5 soal uraian tentang materi pola bilangan yang diberikan kepada kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif terhadap hasil belajar matematika materi pola bilangan pada siswa kelas VIII SMP N 4 Salatiga. Hal ini ditunjukkan oleh tercapainya kriteria ketuntasan minimal (KKM) dengan nilai rata-rata sebesar 90,50, model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) efektif terhadap hasil belajar matematika materi pola bilangan pada siswa kelas VIII SMP N 4 Salatiga. Hal ini ditunjukkan oleh tercapainya kriteria ketuntasan minimal (KKM) dengan nilai rata-rata sebesar 81,11, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih efektif dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar matematika materi pola bilangan pada siswa kelas VIII SMP N 4 Salatiga yaitu terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Hal itu juga dapat dilihat pada rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen 1 sebesar 90.50 lebih dari rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 2 sebesar 81,11.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Mar 2020 07:03
Last Modified: 13 Mar 2020 07:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7803

Actions (login required)

View Item View Item