Najah, Asmaunn (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MELALUI MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF SRATEN TUNTANG SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Asmaunn Najah.pdf Download (3MB) |
Abstract
Najah, Asmaunn. 2019. Peningkatan hasil belajar IPS tema peristiwa dalam kehidupan menggunakan model pembelajaran make a match dengan media flash card pada siswa kelas V semester II MI Ma’arif Sraten Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institud Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dra. Urifatun Anis, M.Pd.I Kata Kunci: Hasil belajar, Model make a match, Media flash card Penulisan ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar IPS tema peristiwa dalam kehidupan pada siswa kelas V MI Ma?arif Sraten Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Pertanyaan utama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model make a match dan media flash card dapat meningkatkan hasil belajar IPS tema peristiwa dalam kehidupan pada siswa kelas V semester II MI Ma?arif Sraten Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus masing-masing terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara menghitung pencapaian nilai hasi belajar tiap siklus yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar maksimal. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa untuk mata pelajaran IPS tema peristiwa dalam kehidupan pada siswa kelas V Semester II MI Ma?arif Sraten Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Melalui model make a match dan media flash card ada peningkatan hasil belajar, hal ini dapat dilihat dari kondisi awal yaitu 55,6% siswa yang tuntas belajar, pada siklus I meningkat menjadi 66,7% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 88,9% siswa yang tuntas. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model make a match dan media flash card dapat meningkatkan hasil belajar IPS tema peristiwa dalam kehidupan pada siswa kelas V semester II MI Ma?arif Sraten Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 04:23 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 04:23 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7819 |
Actions (login required)
View Item |