RELEVANSI KURIKULUM PONDOK PESANTREN DENGAN ERA GLOBALISASI (Studi pada Pondok Pesantren Al-Manar dan Al Mas’udiyyah Kab.Semarang Tahun 2015 )

SIYONO, SIYONO (2016) RELEVANSI KURIKULUM PONDOK PESANTREN DENGAN ERA GLOBALISASI (Studi pada Pondok Pesantren Al-Manar dan Al Mas’udiyyah Kab.Semarang Tahun 2015 ). Masters thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Siyono MI.13.027.pdf

Download (1MB)

Abstract

RELEVANSI KURIKULUM PONDOK PESANTREN DENGAN ERA GLOBALISASI (Studi pada Pondok Pesantren Al-Manar dan Al Mas’udiyyah Kab.Semarang Tahun 2015 ) Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui kurikulum dan landasan kurikulum Pondok-pesantren Al-Manar dan Pondok-pesantren Al Mas’udiyyah, serta relevansinya dengan era globalisasi Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tiga pendekatan, yaitu: (1) pengamatan terlibat, (2) wawancara, dan (3) metode dokumentasi. Teknik analisa data yang dilakukan dengan tiga alur kegiatan yaitu: Reduksi data, Penyajian data Penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan beberapa penemuan; pertama, secara umum kurikulum Pondok-pesantren Al-Manar dan Pondok-pesantren Al Mas’diyyah dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu kurikulum salaf dan khalaf.Serta dapat dikatakan perpaduan kurikulum pendidikan formal dengan kurikulum Pesantren.Akan tetapi kurikulum tersebut bersifat integral, artinya kegiatan-kegiatan yang di laksanakan merupakan satu rangakaian dan bersifat saling mendukung. Kedua, landasan yang digunakan oleh ke dua Pondok-pesantren tersebut ada dua, yaitu landasan umum dan khusus. Landasan umum adalah Undang RI No.20 tahun 2003, pasal 1 dan pasal 19.Sedangkan untuk landasan khususnya yaitu untuk mempersiapkan para santri untuk menjadi orang yang ‘Alim dalam ilmu Agama, dikarenakan berubahnya zaman era globalisasi. Ketiga, keberadaan kurikulum Pondok-pesantren Al-Manar dan Pondok-pesantren Al Mas’diyyah di katakan masih relevan, dikatakan demikian karena Pondok- pesantren Al-Manar dan Al Mas’diyyah terbuka kepada seluruh masyarakat umum, berkesinambungan dalam jenjang pendidikan, terstruktur dalam penguasaan bahan ajar. Itu terbukti dengan masih banyak masayarakat yang masih percaya kepada Pondok-pesantren Al-Manar dan Pondok-pesantren Al-Mas’udiyyah memondokkan putra-putrinya, agar mendapatkan ilmu pendidikan yang berlandaskan ajaran-ajaran Agama Islam, menjadikan keluhuran moral dan akhlakul karimah sebagai salah satu fokus bidang pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 May 2016 02:17
Last Modified: 24 May 2016 02:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/784

Actions (login required)

View Item View Item