UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANGGULANGAN DAMPAK PENGGUNAAN GADGED PADA AKHLAK SISWA DI SMA KARTIKA III-I BANYUBIRU KAB. SEMARANG TAHUN 2019

Ahyarudin, Muhamad Imam (2020) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANGGULANGAN DAMPAK PENGGUNAAN GADGED PADA AKHLAK SISWA DI SMA KARTIKA III-I BANYUBIRU KAB. SEMARANG TAHUN 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ahyarudin, Muhamad Imam. 2019. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanggulangan Dampak Penggunaan Gadged Pada Akhlak Siswa di SMA Kartika III-I Banyubiru Kab. Semarang Tahun 2019. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negri Salatiga. Pembimbing: Mufiq, S. Ag., M. Phil. Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Gadged, Akhlak Penelitian ini membahas tentang upaya guru PAI dalam penanggulangan dampak penggunaan gadged pada akhlak siswa di SMA Kartika III-I Banyubiru Kab. Semarang. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana dampak penggunaan gadged pada akhlak siswa di SMA Kartika III-I Banyubiru Kab. Semarang serta upaya guru PAI dalam penanggulangan dampak penggunaan gadged pada akhlak siswa di SMA Kartika III-I Banyubiru Kab. Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Yang mana teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan siswa. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dilanjutkan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data penulis menggunakan triangulasi. Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) Dampak penggunaan gadged pada aklak siswa di SMA Kartika III-I Banyubiru Kab. Semarang Tahun 2019, tergolong menjadi dua. Pertama dampak negatif, diantaranya siswa mudah meniru hal-hal yang negatif sehingga menjadikan menyimpangnya perilaku anak, siswa menjadi malas untuk belajar, dan kurangnya minat siswa untuk membaca buku-buku pelajaran karena mereka lebih suka mencari informasi-informasi melalui internet. Kedua dampak positif, yaitu mempermudah dalam berkomunikasi, mempermudah dalam mengakses internet, mempermudah siswa dalam mencari tugas-tugas yang diberikan oleh bapak ibu guru, dan menambah wawasan bagi siswa. (2) Upaya guru PAI dalam penanggulangan dampak penggunaan Gadged pada akhlak siswa di SMA Kartika III-I Banyubiru Kab. Semarang Tahun 2019 dengan cara membina akhlak siswa dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Pembinaan yang dilakukan mulai dari mengucapkan salam dan berjabat tangan pada saat pagi hari, membaca asmaul husna sebelum jam pelajaran dimulai, literasi Al-Qur’an, pemutaran film-film islami, memberikan bimbingan dan pengarahan kepada siswa, membiasakan shalat dzuhur berjamaah, serta membatasi penggunaan teknologi informasi (HP) pada saat di sekolah, kerjasama antara guru dengan orang tua, dukungan dari lingkungan, serta guru memberikan pengarahan pemanfaatan Gadged yang benar dan memberikan contoh akhlak yang baik kepada siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Mar 2020 12:11
Last Modified: 24 Mar 2020 12:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7883

Actions (login required)

View Item View Item