Rumiati, Siti Ana (2020) Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Pengurusan Jenazah Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas Xl SMK PGRI Salatiga Tahun Ajaran 2019/2020. [UNSPECIFIED]
Text
Skripsi.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Siti Ana Rumiati. 2019. Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Pengurusan Jenazah Melalui Metode Demonstrasi Kelas XI Di SMK PGRI 2 Salatiga Tahun ajaran 2018/2019 .Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dra. Urifatun Anis, M.Pd.I Kata kunci : Metode Demonstrasi dan peningkatan hasil belajar Skripsi ini dilatarbelakangi adanya permasalahan dalam penggunaan media pembelajaran yang menjadikan hasil belajar peserta didik kurang baik. Dalam kasus yang terjadi di SMK PGRI 2 Salatiga ini media pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pelajaran masih menggunakan metode ceramah, dimana guru lebih aktif berbicara dan siswanya cenderung diam untuk mendengarkan penyampaian, sehingga menjadikan siswa tidak bisa menguasai materi dengan baik. Untuk mengatasi itu semua peneliti menyarankan untuk menggunakan media baru sebagai cara untuk meningkatkan minat belajar siswa. Metode Demonstrasi adalah media yang mempunyai unsur gambar dan unsur peragaan.Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan “Apakah penggunaan metode dapat meningkatkan hasil belajar siswa Di SMK PGRI 2 Salatiga Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data dari guru kelas, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah dilakukan tindakan kelas yang dilakukan di setiap siklus. Hasil yang penelitian peroleh adalah penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI dengan jumlah siswa 27 orang. Hal ini dapat dilihat dari hasil peningkatan ketuntasan belajar siswa yang cukup signifikan dari dua siklus yang telah dilaksanakan, indikasinya adalah kenaikan nilai rata-rata siswa pada pra siklus yaitu 66,77; pada siklus I75,00 dan 80,00 pada siklus II. Demikian pula pada persentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu 62,06% pada pra siklus, 79,31 % pada siklus I, dan 100% pada siklus II. Berarti kenaikan persentase ketuntasan belajar dari pra siklus ke siklus I setelah dilakukan perbaikan sebesar 17,25%, dan meningkat pada siklus I kesiklus II sebesar 20,69%.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Mar 2020 15:44 |
Last Modified: | 17 Jun 2020 03:55 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7903 |
Actions (login required)
View Item |