Peningkatan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Materi Akhlak Terpuji dengan Metode Role Playing dan Group Investigation pada Siswa Kelas VIII MTs Assalafi Kenteng, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018-2019

ANWAR, KHAIRUL (2020) Peningkatan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Materi Akhlak Terpuji dengan Metode Role Playing dan Group Investigation pada Siswa Kelas VIII MTs Assalafi Kenteng, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018-2019. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI FIKS.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI FIKS.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Anwar Khairul,2019. “Peningkatan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Materi Akhlak Terpuji dengan Metode Role Playing dan Group Investigation pada Siswa Kelas VIII MTs Assalafi Kenteng, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018-2019”. Sekripsi Fakultas Tarbian dan Ilmu Keguruan . Jurusan Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga . Pembimbing : Siti Asdiqoh, M.Si. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Role Playing dan Group Investigation, dan Aqidah Akhlak. Berdasarkan hasil belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak Kls VIII MTs Assalafi , rata-rata hasil belajar masih dibawah KKM. Demi meningkatkan prestasi belajar yang baik dan demi menciptakan proses belajar yang kondusif seorang guru dituntut untuk menggunakan berbagai metode yang menarik. Diantara banyaknya metode pembelajaran yang menarik dalam proses belajar mengajar adalah metode role playing dan metode group investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode role playing dan group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi akhlak terpuji siswa kelas VIII MTs Assalafi Kenteng Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus masing-masing siklus terdiri dari empat tahab yaitu perencanaan, tindakan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengamatan dan tes. Hasil penelitian ini Metode Role Playing dan Group Investigatioan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari nilai ketuntasan siklus I 18 Siswa tuntas dengan persentase 66,7%dan Siklus II 27 siswa tuntas dengan persentase 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Role playing dan metode group insvestigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: UNSPECIFIED
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Mar 2020 22:42
Last Modified: 16 Jul 2020 03:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7906

Actions (login required)

View Item View Item