Ridlo, Muhammad Arif (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK KELAS VIII SMP/MTs. [UNSPECIFIED]
Text
skripsi..pdf Download (2MB) |
|
Text
skripsi..pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Ridlo, Muhammad Arif. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Kelas VIII SMP/MTs. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Winarno, S.Si., M.Pd.. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Android Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan media pembelajaran matematika berbasis android materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP/MTs. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan ini adalah menggunakam model pengembangan Hoge, Tondora, & Marrelli yaitu menetapkan tujuan, mencari dukungan, mengembangkan, perencanaan, mengidentifikasi, mengaplikasikan, dan evaluasi. Instrumen penilaian adalah lembar angket untuk uji kualitas produk media pembelajaran berbasis android materi bangun ruang sisi datar. Penilaian kualitas produk media pembelajaran matematika berbasis android materi bangun ruang sisi datar dilakukan oleh ahli media, ahli materi, guru dan peserta didik kelas VIII SMP/MTs. Hasil penelitian pengembangan ini telah dihasilkan media pembelajaran berbasis android materi bangun ruang sisi datar untuk kelas VIII SMP/MTs dengan kelayakan sesuai hasil penelitian ahli media memperoleh kualitas Sangat Baik (SB) dengan skor 46 dan persentase 92%, penilaian dari ahli materi memperoleh kualitas Sangat Baik (SB) dengan skor 46 dan persentase 92%, penilaian dari guru (kelompok kecil) memperoleh kualitas Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 64,67 dan persentase 92,3%, penilaian dari guru (kelompok besar) memperoleh kualitas Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata sebesar 64,4 dan persentase 92,28%. Pengaplikasian terhadap peserta didik dalam kelompok kecil diperoleh jumlah nilai rata-rata adalah 35,8 dengan persentase 89,5%. Sedangkan hasil penilaian peserta didik dalam kelmpok besar diperoleh jumlah nilai rata-rata sebesar 36,7 dengan persentase 91,75%. Dengan demikian, aplikasi android materi bangun ruang sisi datar sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika untuk kelas VIII SMP/Mts.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 27 Mar 2020 09:40 |
Last Modified: | 06 Jul 2020 03:25 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7908 |
Actions (login required)
View Item |