Analisis Pengaruh Brand Loyalty, Brand Awareness, Brand Association dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Dengan Brand Equity Sebagai Variabel Intervening (Studi di BRI Syariah Majapahit Semarang)

QODARIYAH, LAILA (2020) Analisis Pengaruh Brand Loyalty, Brand Awareness, Brand Association dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Dengan Brand Equity Sebagai Variabel Intervening (Studi di BRI Syariah Majapahit Semarang). [UNSPECIFIED]

[img] Text
skripsi laila fix acc.pdf

Download (2MB)

Abstract

Laila, Qodariyah. 2019. Analisis Pengaruh Brand Loyalty, Brand Awareness, Brand Association, dan Perceived Quality terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Dengan Brand Equity Sebagai Variabel Intervening. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Strata Satu Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. H. Abdul Aziz NP, S.Ag., M.M. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi lembaga keuangan islam dan perbankan yang berada di Indonesia maupun di belahan dunia mengalami pertumbuhan serta perkembangan yang sangat pesat hal tersebut berdampak pada persaingan antar bank yang semakin ketat. Di saat persaingan semakin ketat, pihak perbankan akan berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabah sehingga menyebabkan nasabah memiliki banyak pilihan dalam menggunakan jasa perbankan. Salah satu cara dalam memenangkan persaingan adalah perang antar merek karena pemasaran sendiri tidak hanya memasarkan produk saja namun merek. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Brand Loyalty, Brand Awareness, Brand Association, dan Perceived Quality terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Dengan Brand Equity Sebagai Variabel Intervening pada Bank BRI Syariah KCP Majapahit Semarang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada nasabah Bank BRI Syariah KCP Majapahit Semarang. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian dioleh dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 22. Analisis ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi berganda, uji statistik melalui uji Ttest, Ftest serta koefisien determinasi (R2 ), uji asumsi klasik, dan uji analisis jalur (Path Analysis). Hasil dari uji Ttest menunjukkan bahwa variabel Brand Loyalty (X1), Brand Awareness (X2), Perceived Quality (X4), dan Brand Equity (Z) secara parsial berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah (Y), sedangkan variabel Brand Association (X3) secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah (Y). Uji Ftest menunjukkan bahwa variabel Brand Loyalty (X1), Brand Awareness (X2), Brand Association (X3), Perceived Quality (X4), dan Brand Equity (Z) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah (Y). Dengan menggunakan path analysis hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Brand Equity (Z) memediasi variabel Brand Awareness (X2) dan Perceived Quality (X4) terhadap keputusan menjadi nasabah (Y), sedangkan variabel Brand Equity (Z) tidak dapat memediasi variabel Brand Loyalty (X1) dan Brand Association (X3) terhadap keputusan menjadi nasabah (Y). Kata Kunci: Brand Loyalty, Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, Brand Equity, Keputusan Menjadi Nasabah

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Apr 2020 08:25
Last Modified: 06 Jul 2020 03:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7924

Actions (login required)

View Item View Item