Pengaruh Reputasi Perusahaan, Pengetahuan Produk, dan Promosi Terhadap Minat Menabung dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening ( Studi di Bank BRI Syariah Semarang)

SULISTIYANTO, ADDISON EVAN (2020) Pengaruh Reputasi Perusahaan, Pengetahuan Produk, dan Promosi Terhadap Minat Menabung dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening ( Studi di Bank BRI Syariah Semarang). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi addison evan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Evan Sulistyanto, Addison. 2020. Pengaruh Reputasi Perusahaan, Pengetahuan Produk, dan Promosi Terhadap Minat Menabung Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Di Bank BRI Syariah Semarang). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Strata Satu Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Dosen Pembimbing: Qi Mangku Bahjahtullah, Lc., M. SI. Penelitian ini dilatar belakangi oleh bank syariah pada saat ini memiliki berbagai macam layanan dan berbagai macam produk yang lebih menarik. Tentunya hal ini dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dengan berbagai layanan yang diberikan oleh perbankan syariah pada saat ini, tentunya perbankan syariah berharap untuk menarik minat lebih banyak lagi terutama kepada masyarakat muslim untuk memilih dan menggunakan jasa bank syariah. Dalam hal ini, berarti perbankan syariah memiliki tugas untuk lebih banyak menarik minat masyarakat agar tertarik menggunakan bank syariah. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Reputasi Perusahaan, Pengetahuan Produk, dan Promosi terhadap Minat Menabung dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening pada Bank BRI Syariah Semarang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada nasabah Bank BRI Syariah Semarang. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan teknik unknown population. Data yang diperoleh kemudian dioleh dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 24. Analisis ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi berganda, uji statistik melalui uji Ttest, Ftest serta koefisien determinasi (R2), uji asumsi klasik, dan uji analisis jalur (Path Analysis). Hasil dari uji Ttest menunjukkan bahwa variabel Pengetahuan Produk (X2), Promosi (X3), dan Kepercayaan (Z) secara parsial berpengaruh terhadap minat menabung (Y), sedangkan variabel Reputasi Perusahaan (X1) secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat menabung (Y). Uji Ftest menunjukkan bahwa variabel Reputasi Perusahaan (X1), Pengetahuan Produk (X2), Promosi (X3), dan Kepercayaan (Z) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung. Dengan menggunakan path analysis hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kepercayaan (Z) memediasi terhadap variabel Promosi (X3), sedangkan dengan variabel Reputasi Perusahaan (X1) dan Pengetahuan Produk (X2) tidak dapat dimediasi. Kata Kunci: Reputasi Perusahaan, Pengetahuan Produk, Promosi, Kepercayaan, Minat Menabung

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Apr 2020 08:35
Last Modified: 06 Jul 2020 03:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7925

Actions (login required)

View Item View Item