Rohmat, Solihun (2020) PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK WANITA TUNASUSILA (Studi Kasus Anak Wanita Tunasusila di Desa Kopeng Getasan Kab. Semarang 2019). Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKIPSI ROHMAT 18032020.pdf Download (2MB) |
Abstract
Solihun, Rohmat. 2019. Pendidikan Akhlak Pada Anak Wanita Tunasusila (Studi Kasus Anak Wanita Tunasusila di Desa Kopeng Getasan Kab. Semarang 2019). Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Pembimbing: Sutrisna, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Pendidikan Akhlak Pada Anak Wanita Tunasusila Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mendeskripsikan pendidikan akhlak, bagaimana peranan kluarga dan tantangan untuk menangani pendidikan akhlak anak yang tinggal di kawasan karaoke Dukuh Sleker Kelurahan Kopeng Kec. Getasan. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara wanita tunasusila, dan sumber sekunder yang dapat berupa foto-foto kegiatan terkait pendidikan. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kondisi lingkungan tempat karaoke Dusun Sleker kopeng getasan membawa pengaruh buruk bagi anak-anak yang tinggal, serta memunculkan tantangan tersendiri bagi anak dalam masalah pendidikan. Tantangan pendidikan akhlak yang dihadapi anak yang pertama adalah faktor lingkungan. Pemandangan yang biasa, ketika anak-anak keluar rumah langsung disuguhkan dengan pemandangan yang mungkin kurang pantas jika dilihat mata kepala anak. Berdasarkan pada diskripsi latar belakang di atas, maka fokus penelitiannya adalah. Bagaimana pendidikan ahklak pada anak wanita tunasusila. Faktor-faktor apa yang mempengaruhi pendidikan ahklak pada anak wanita tunasusila. Hasil penelitian menunjukan bahwah pertama, pendidikan akhlak anak pada wanita tunasusila tergolong wajar dari kondisis yang ada, karena di dukung dengan kegiatan mengaji di TPA dan juga bimbingan dari sekolah. Ke dua, faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan akhlakkul karimah meliputi keluarga, kerabat yang memberikan pendidikan pertama, masjid memberi pengaruh yang baik bagi jika mereka dalam perhubungan dengan sang pencipta, sekolah memberikan pendidikan sebagaimana mestinya. Demikian juga perubahan yangb terjadi dalam murit menuju arah yang lebih baik dalam rohani, akhlak, akal, jasmani, keagamaan, kepedulian social, politik, ekonomi, estetika, dan gerakan jihad.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Apr 2020 03:25 |
Last Modified: | 30 Apr 2020 03:25 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7978 |
Actions (login required)
View Item |