PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GERAK BENDA MELALUI METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 SUMBERLAWANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Landiana Bekti, Pangestu (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GERAK BENDA MELALUI METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 SUMBERLAWANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Landiana Bekti pangestu 23060150017.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pangestu, Landiana Bekti. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gerak Benda Melalui Metode Make a Match Pada Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 2 Sumberlawang Tahun 2019/2020. Skripsi. Program Studi Guru Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Budiyono Saputro, M.Pd, S.Pd Kata Kunci: hasil belajar, metode pembelajaran Make a Match, gaya dan hukum newton Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi gerak benda pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sumberlawang Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini siswa yang berjumlah 26 siswa, yang terdiri dari 14 putra dan 12 putri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk instrument penelitian yang digunakan adalah tes tertulis, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil siklus I dapat diketahui rata-rata hasil belajar siswa adalah 30,76% sebanyak 8 siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan 18 siswa belum tuntas mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Untuk Kriteria Ketuntasan Minimum sendiri adalah 75. Sedangkan pada siklus II rata-rata mencapai 92,30% dengan 24 siswa yang sudah tuntas mencapai Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) dan 2 siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Melihat kenaikan yang didapat dari siklus II maka dengan indikator keberhasilan sudah tercapai maka penelitian diberhentikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi gerak benda pada siswa kelas VIII SMP N 2 Sumberlwang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Biografi dan Sejarah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2020 04:02
Last Modified: 30 Apr 2020 04:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7982

Actions (login required)

View Item View Item