PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPSMATERI PENINGGALAN SEJARAH KERAJAAN-KERAJAAN DI INDONESIA MELALUI METODE MIND MAP PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIFMIFTAHUL HUDA SIDOMULYO KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2015

Arif Afandi, Muhammad (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPSMATERI PENINGGALAN SEJARAH KERAJAAN-KERAJAAN DI INDONESIA MELALUI METODE MIND MAP PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIFMIFTAHUL HUDA SIDOMULYO KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
Muhamad Arif Afandi 11511023.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id

Abstract

Pelajaran IPS mengutamakan menghafal materi, oleh sebab itu guru sebagai pengajar harus lebih kreatif dan inovatif dalam mengajar agar siswa tidak merasa membosankan. Namun faktanya masih ada guru yang mengajar monoton. Hal itu membuat siswa merasa membosankan dan banyak yang berbicara sendiri akibatnya hasil belajar IPS rendah. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi peninggalan sejarah kerajaan-kerajaan di Indonesia menggunakan metodeMind Map pada siswa kelas V MI Ma’Arif Miftahul Huda Kecamatan Secang Kabupaten Magelang Tahun 2015. Penelitian ini tindakan kelas dilaksanakan melalui siklus I dan siklus II. Tiap siklusnya ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumen hasil nilai ulangan harian, tes dan pengamatan atau observasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa untuk mata pelajaran IPS materi peninggalan sejarah kerajaan-kerajaan di Indonesia kelas V tahun 2015. Melalui metode Mind Mapadanya peningkatan hasil belajar yang dapat dilihat kondisi awal dari hasil pembahasan yaitu nilai rata-rata kelas pada nilai ulangan sebesar 57 dan 40% siswa yang tuntas belajar,pada siklus I meningkat menjadi 70 nilai rata-rata kelasdan 85% siswa yang tuntas belajar.Selanjutnya meningkat lagi pada siklus II menjadi 76,5 nilai rata-rata kelasdan 100% siswa tuntas belajar. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melaluimetode Mind Map dapat meningkatkan hasil belajar IPS materipeninggalan sejarah kerajaan-kerajaan di Indonesia pada siswa kelas VMI Ma’Arif Miftahul Huda Kecamatan Secang Kabupaten Magelang Tahun 2015.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: ?? S2 ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 May 2016 08:00
Last Modified: 30 May 2016 08:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/799

Actions (login required)

View Item View Item