EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Kustianingsih, Tri (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 5 Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan variabel terikatnya yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Salatiga tahun pelajaran 2019/2020, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII G dan VII H. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemecahan masalah, yang terdiri dari pre-test dan post-test. Hasil post-test diperoleh rata-rata kelas eksperimen 73,24 dan kelas kontrol 58,62. Dari rata-rata tersebut dapat dikatakan bahwa rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol dan ada perbedaan. Hal ini diperkuat dengan uji Mann-Whitney U diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yaitu terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu, rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,54 dan kelas kontrol sebesar 0,29. Dari rata-rata tersebut dapat dikatakan bahwa rata-rata peningkatan kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata peningkatan kelas kontrol dan ada perbedaan. Hal ini juga diperkuat dengan uji Mann-Whitney U N-Gain yang diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yaitu terdapat perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua hipotesis dalam penelitian ini terpenuhi sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 5 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2020 05:44
Last Modified: 08 Jun 2020 04:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7990

Actions (login required)

View Item View Item