MUSLIH, (2020) PENGEMBANGAN GAME INTERAKTIF BERBASIS POP-UP BOOK PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI JARING-JARING MAKANAN DALAM SUATU EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Tesis komplit_compressed.pdf Download (751kB) |
|
Text
Tesis komplit_compressed.pdf Download (751kB) |
Abstract
ABSTRAK Muslih, 2020. Pengembangan Game Interaktif Berbasis Pop-Up Book pada Pembelajaran IPA Materi Jaring-Jaring Makanan dalam Suatu Ekosistem. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Hj. Maslikhah, S.Ag., M.Si. Kata Kunci : Game interaktif, Pop-Up Book, pembelajaran IPA. Pembelajaran konvensional dengan buku teks, ceramah dan media pembelajaran sederhana merupakan kendala yang terjadi pada MI di kecamatan Salaman Magelang karena belum ada inovasi pengembangan media pembelajaran yang interaktif kepada peserta didik. Pengembangan media pembelajaran game interaktif berbasis Pop-Up Book dapat menghadirkan rasa senang, menciptakan kreatifitas, berfikir tenang dan fokus, dapat dikerjakan dengan mengikuti instruksi secara tepat, adanya petunjuk penggunaan, dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V MI di MI Tarbiyatussibyan 01 Sidosari, Salaman, Magelang. Tesis ini merupakan penelitian pengembangan R & D dengan menggunakan langkah ADDIE menurut Christine Peterson. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran dengan mengembangkan media pembelajaran pada mata pelajaran IPA kelas V. Analysis dilakukan untuk menganalisa kebutuhan media pembelajaran. Design mengacu pada hasil Focus Group Discussion. Development berupa menganalisis konsep materi kemudian menyusun tampilan media. Implementation dilaksanakan dalam pembelajaran dengan media yang telah dikembangkan. Evaluation berupa hasil evaluasi yang menunjukkan media pembelajaran game interaktif layak digunakan. Analisis data menggunakan teknik tabulasi data. Jenis instrumen yang digunakan adalah soal Pre-Test dan soal Post-Test. Hasil penelitian menunjukkan: 1) guru dan peserta didik membutuhkan media pembelajaran game interaktif yang bisa menghadirkan rasa senang, menciptakan kreatifitas, berfikir tenang dan fokus, dapat dikerjakan dengan mengikuti instruksi secara tepat, adanya petunjuk penggunaan, dan dapat meningkatkan hasil belajar; 2) bentuk pengembangan berupa media pembelajaran interaktif berbasis Pop-Up Book menggunakan Software Visme; dan 3) media pembelajaran diinterpretasikan efektif meningkatkan hasil belajar dengan nilai signifikasi (2 tailed) 0,00,p <0,05 dan post test nolai signifikasi (2 tailed) 0,00,p< 0,05 (p = 0,00 < 0,05). ABSTRACT Muslih, 2020. Development of Interactive Game Based on Pop-Up Book for Science learning on Ecosystem Food-Web Material. Thesis. Madrasah Ibtidaiyah Education Department. Postgraduate of Salatiga State Islamic Institute. Supervisor Dr. Hj. Maslikhah, S.Ag., M.Si. Keywords: interactive game, Pop-Up Book, science learning. Conventional learning that is carried out using textbooks, lectures, and simple learning media becomes an obstacle in learning at MI in Salaman sub-district, Magelang. The students have not yet gotten an interactive learning media developed innovatively. The development of interactive learning media game based on Pop-Up Book can bring pleasure, increase creativity and focus, and improve learning outcomes of the fifth-grade students at MI Tarbiyatussibyan 01 Sidosari, Salaman, Magelang. Also, the students can use the game just by following the instructions. This thesis is a research development of R & D using ADDIE steps according to Christine Peterson. The purpose of this study is to improve learning outcomes by developing learning media on the fifth grade science subjects. The analysis was conducted to determine the needs of learning media. The design refers to the results of the Focus Group Discussion. The development is carried out by analyzing the concept of material and proceeds with compiling the appearance of the media. The developed media were then implemented on learning. The evaluation results show that interactive game learning media is appropriate. Data analysis was carried out using data tabulation techniques, while the types of instruments used were Pre-Test questions and Post-Test questions. The results showed: 1) teachers and students need interactive learning media that can bring pleasure, increase creativity and focus, can be easily used by following the instructions provided, and can improve learning outcomes; 2) the researcher developed interactive learning based on Pop-Up Book using Visme Software, and 3) the learning media are effectively interpreted to improve learning outcomes with a significance value (2 tailed) of 0.00, p <0.05, and the post-test significance value (2 tailed) of 0.00, p <0.05 ( p = 0.00 <0.05).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 08 May 2020 13:55 |
Last Modified: | 08 May 2020 13:55 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8041 |
Actions (login required)
View Item |