NILAI TOLERANSI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA (Telaah Muatan Materi dan Upaya Guru dalam Penanaman Nilai Toleransi pada Pembelajaran Agama Islam, Kriten, dan Budha di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Kota Salatiga Tahun 2019)

Ckamim, Abdul (2020) NILAI TOLERANSI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA (Telaah Muatan Materi dan Upaya Guru dalam Penanaman Nilai Toleransi pada Pembelajaran Agama Islam, Kriten, dan Budha di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Kota Salatiga Tahun 2019). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis Abdul Ckamim.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tesis Abdul Ckamim.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena pentingnya penanaman nilai toleransi kepada siswa dilingkungan sekolah, agar siswa dapat menjadi pribadi yang memiliki fikiran terbuka, tidak kaku, berakhlak baik, dan dapat menerima sebuah perbedaan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui muatan nilai toleransi pada pengembangan materi pendidikan agama Islam, Kristen, dan Budha di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Kota Salatiga, 2) Mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam, Kristen, dan Budha dalam penanaman nilai-nilai toleransi kepada siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Kota Salatiga Tahun 2019. Metode penelitian ini mengggunakan pendekatan kualitatif, menelaah dokumen yakni materi pembelajaran baik dari buku paket atau materi dari Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru dan wawancara mengenai upaya guru dalam penanaman nilai –nilai toleransi kepada siswa. Data yang dihasilkan dituangkan dalam bentuk diskripsi, bukan dalam bentuk angka. Berdasarkan hasil telaah materi Pendidikan Agama Islam, Kristen, dan Budha secara keseluruhan memenuhi prinsip pengembangan materi pembelajaran dan didalamnya mengandung nilai toleransi. Secara keseluruhan guru Pendidikan Agama Islam (GPAI), Guru pendidikan Agama Kristen (GPAK), Guru Pendidikan Agama Budha (GPAB) memiliki upaya dalam menanamkan nilai toleransi kepada siswa yang memenuhi tiga aspek penilaiannya yaitu Aspek kedamaian, Aspek menghargai perbedaan dan Aspek Kesadaran. Dari penelitian tersebut mendapatkan kesimpulan bahwa pembelajaran agama Islam, Kristen dan Budha di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri kota salatiga tahun 2019 berdasarkan telaah pengembangan materi dari buku paket dan materi dari Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP) serta berdasarkan upaya guru dalam melaksanakan pembelajaran didalamnya terdapat nilai-nilai toleransi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 May 2020 10:08
Last Modified: 18 May 2020 10:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8059

Actions (login required)

View Item View Item