ROSIDA, HAILAFUR (2020) PENERAPAN METODE TABARAK DALAM MENINGKATKAN HAFALAN PARA REMAJA DI RUMAH TAHFIDZ GEMILANG INDONESIA CABANG SALATIGA TAHUN 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi Hailatur Rosida 23010160422.pdf Download (3MB) |
|
Text
Skripsi Hailatur Rosida 23010160422.pdf Download (3MB) |
|
Text
Skripsi Hailatur Rosida 23010160422.pdf Download (3MB) |
|
Text
Skripsi Hailatur Rosida 23010160422.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Rosida, Hailatur. 2020. Penerapan metode Tabarak dalam meningkatkan hafalan. para remaja di Rumah Tahfidz Gemilang Ash-Shiddiq Salatiga Tahun 2019. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri salatiga. Pembimbing: Muhammad Mas’ud, M. Pd.I. Kata Kunci: Penerapan, Metode Hafalan Al-Qur’an, Remaja Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui “Bagaimana kurikulum Metode Tabarak di terapkan, Bagaimana penerapan Metode Tabarak dan apa saja faktor pendukung serta penghambat penerapan Metode Tabarak dalam meningkatkan hafalan para remaja di Rumah Tahfidz Gemilang Ash-Shiddiq Salatiga?. Dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hafalan Al-Qur’an santri/peserta didik dengan menggunakan metode Tabarak. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian lapangan (field research) penelitian ini secara khusus terjun langsung ke lapangan dan mengamati masalah manusia dari segi latar belakang keadaan, individu seseorang/kelompok, interaksi sosial, suatu lembaga dan masyarakat untuk memperoleh data dan memiliki catatan penting untuk di analisis. Subjek penelitian ini adalah para remaja Rumah Tahfidz Gemilang Ash-Shiddiq Salatuga. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, dokumentasi dan tes. Analisis datanya menggunakan Deskriptif Kualitatif, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan Metode Tabarak di Rumah Tahfidz Ash-Shiddiq Salatiga dapat meningkatkan hafalan para remaja. Mencakup tentang tujuan kurikulum, materi kurikulum, strategi kurikulum, target hafalan Al- Qur’an, bahan ajar, Penerapan metode, hasil pembelajaran, evaluasi pembelajaran, serta faktor pendukung, dan faktor penghambat pembelajaran. Dari hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa metode Tabarak merupakan metode yang lebih efektif digunakan untuk membimbing para remaja dalam menghafal Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Gemilang Ash-Shiddiq Salatiga. Hal tersebut berdasarkan hasil evaluasi hafalan yang didapat di Rumah Tahfidz Gemilang Ash-Shiddiq Salatiga yakni standar kelulusan 60% dari 100%. Terlebih karena metode Tabarak adalah metode yang memanfaatkan media elektronik dalam setiap proses menghafal Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Alqur'an |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 May 2020 14:07 |
Last Modified: | 19 May 2020 14:07 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8069 |
Actions (login required)
View Item |