PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MELALUI KITAB TA’LIM MUTA’ALIM DI PONDOK PESANTREN API AL MASYKUR KAB. SEMARANG

Helmy, Muhammad Irfan (2020) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MELALUI KITAB TA’LIM MUTA’ALIM DI PONDOK PESANTREN API AL MASYKUR KAB. SEMARANG. LP2M IAIN SALATIGA Press.

[img] Text
ISBN Buku P Mas'ud.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Belajar harus merujuk pada apa yang harus dilakukan siswa sebagai penerima pelajaran, karena belajar tidak hanya menghafal dan mengingat, sebab belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang. Penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh data secara terukur, tentang Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Contextual Teaching And Learning Melalui Kitab Ta’lim Muta’alim di Pondok Pesantren API Al Masykur Kab. Semarang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data. Teknik analisis yang dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data yang mencakup tiga kegiatan yang bersamaan: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Mengonsep proses pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta‘allim di lokasi penelitian dilakukan dengan mengkaji hal-hal dasar yang menjadi pondasi pembelajaran. 2) Melaksanakan Konsep Kegiatan Pembelajaran Kitab Ta’lim al-Muta‘allim. Dalam lokasi penelitian konsep pembelajaran yang telah disusun dilaksanakan dengan menggunakan asas komunikasi interaktif 3) Evaluasi dilakukan untuk menilai segala hal yang berkaitan dengan proses pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta‘allim dan sebagai bahan pertimbangan menentukan tindak lanjut terhadap hasil evaluasi yang didapatkan.

Item Type: Book
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Ushuludin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 May 2020 05:40
Last Modified: 02 Jun 2020 22:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8079

Actions (login required)

View Item View Item