Oktaviani, Ria (2020) PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS VIII A SMPN 1 BANCAK, KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI RIA OKTAVIANI - 23070160153 - T. MTK.pdf Download (4MB) |
Abstract
Oktaviani, Ria. 2019. Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Materi Teorema Pythagoras Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dan Scramble Pada Siswa Kelas VIII A SMPN 1 Bancak, Kab. Semarang, Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing:Jaka Siswanta, M.Pd. Kata Kunci : Minat Belajar, Hasil Belajar, Matematika, Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD), Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble. Minat dan hasil belajar Matematika di SMPN 1 Bancak masih rendah terbukti dengan nilai siswa yang belum mancapai KKM 71. Hal ini dikarenakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah dan belum menggunakan strategi pembelajaran yang inovatif sehingga siswa sulit memahami materi yang disampaikan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Apakah melalui penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Scramble dapat meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Materi Teorema Pythagoras Pada Siswa Kelas VIII A SMPN 1 Bancak, Kab. Semarang, Tahun Pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika Materi Teorema Pythagoras melalui penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Scramble Pada Siswa Kelas VIII A SMPN 1 Bancak, Kab. Semarang, Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaanm pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMPN 1 Bancak yang berjumlah 32 siswa meliputi 13 siswa lakilaki dan 19 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan tes. Instrumen pengumpulan data meliputi pedoman observasi, angket, soal tes dan dokumentasi. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ? 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Scramble dapat meningkatkan minat dan hasil belajas siswa kelas VIII A SMPN 1 Bancak tahun pelajaran 2019/2020. Peningkatan minat siswa dimana siklus I berada dalam presentase skor 74% dan di siklus II menjadi 82%, sedangkan hasil belajar yang tuntas belajar dari pra siklus ke siklus I 22% atau ada 6 siswa dan siklus I ke siklus II 32% atau ada 10 siswa, hal tersebut dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus 34% tuntas belajar, siklus I 56% siswa tuntas belajar, dan siklus II 88% siswa tuntas belajar.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 10 Jun 2020 18:39 |
Last Modified: | 10 Jun 2020 11:45 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8252 |
Actions (login required)
View Item |