PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI TEKANAN ZAT DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN FLASH MOVIE PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII D SMP NEGERI 1 PABELAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

HADI, ACHMAD SYAIFUL (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI TEKANAN ZAT DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN FLASH MOVIE PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII D SMP NEGERI 1 PABELAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

Full text not available from this repository.

Abstract

Hadi, Achmad Syaiful. 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD melalui Media Pembelajaran Flash Movie pada Peserta Didik Kelas VIII D SMP Negeri 1 Pabelan Tahun Pelajaran 2019/202. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Eni Titikusumawati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Hasil belajar IPA; STAD; Flash Movie; Tekanan Zat Peneliltian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui media pembelajaran flash movie pada hasil belajar IPA pada peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 1 Pabelan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan untuk memperbaiki proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Langkah-langkah PTK, yaitu sebagai berikut: perencanaan (planning)¸ pelaksanaan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection) yang dilakukan dalam dua siklus. Adapun subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII D yang berjumlah 32 peserta didik dengan komposisi 13 peserta didik laki-laki dan 19 peserta didik perempuan. Proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui media pembelajaran flash movie, terdapat beberapa langkah yang dilakukan, antara lain; 1) presentasi di kelas, 2) membuat kelompok kecil, 3) mengerjakan kuis, 4) menghitung skor (rekognisi skor), dan 5) memberikan penghargaan. Media pembelajaran flash movie digunakan pada saat proses pembelajaran berlangsung di kelas, dengan cara masing-masing peserta didik mengoperasikan media pembelajaran flash movie secara invidu melalui komputer maupun laptop yang dibantu oleh guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 1 Pabelan, pada materi tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Peningkatan hasil belajar ini dapat di ketahui melalui hasil evaluasi pembelajaran diakhir proses kegiatan belajar mengajar. Pada siklus I peserta didik yang tuntas sebanyak 17 peserta didik atau 53,12% dengan rata-rata nilai 74,5, dan siklus II peserta didik yang tuntas sebanyak 31 peserta didik atau 96,87% dengan nilai rata-rata 80. Sedangkan, penggunaan media pembelajaran flash movie juga dapat meningkatkan hasil belajar IPA, materi tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari pada peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 1 Pabelan, hal tersebut dapat dilihat pada hasil angket yan telah disebarkan pada peserta didik. Sebanyak 86% peserta didik menyatakan setuju dengan penggunaan media pembelajaran flash movie pada saat proses kegiatan belajar mengajar.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jun 2020 19:38
Last Modified: 10 Jun 2020 12:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8253

Actions (login required)

View Item View Item