Pengembangan Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Melalui Penilaian Harian Berbasis Komputer

Widiyanto, Muhammad Adam (2020) Pengembangan Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Melalui Penilaian Harian Berbasis Komputer. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
m. adam w. nim 12020180042_compressed.pdf

Download (3MB)
[img] Text
m. adam w. nim 12020180042_compressed.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK M. Adam Widiyanto. 2020. Pengembangan Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Melalui Penilaian Harian Berbasis Komputer. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr.Peni Susapti, S.Si, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar, Penilaian Harian Berbasis Komputer. Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui tingkat kebutuhan pengembangan penilaian harian, (2) mengetahui penilaian harian berbasis komputer yang sesuai dengan kebutuhan (3) mengetahui efektivitas pengembangan penilaian harian di MI Maarif Mangunsari Salatiga. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model Borg and Gall yaitu melalui tiga tahapan terdiri dari (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan dan perancangan model, dan (3) validasi model. Subyek penelitian ini adalah peneliti bertindak sebagai pengembang aplikasi penilaian harian, peserta didik kelas IV MI Maarif mangunsari Salatiga yang berjumlah 28 siswa, guru mata pelajaran matematika sebagai pelaksana penilaian harian dan ahli serta praktisi sebagai validator. Hasil penelitian ini adalah produk pengembangan penilaian harian berbasis komputer yang dibutuhkan oleh MI Maarif Mangunsari Salatiga yaitu : aplikasi yang dapat diakses kapanpun, dimanapun dan oleh semua pengguna yang terdaftar, pengguna yang dapat mengakses aplikasi dibagi menjadi 2 (dua) yaitu guru sekaligus administrator dan siswa dengan tugas dan kewenangan masing masing. Aplikasi penilaian harian berbasis komputer yang dikembangkan berdasarkan fungsinya dapat dikatakan baik karena mempunyai nilai fungsi hasil pengujian sebesar 1. Penggunaan (usability) dapat dikatakan memenuhi sarat dengan prosentase usability sebesar 78,73 %. Terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil penilaian harian pada pretes 63,48 < posttes 72,91, artinya secara deskriptif ada perbedaan rata-rata hasil penilaian harian berbasis kertas dengan penilaian berbasis komputer. Berdasar data nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,002 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretes dengan posttes yang artinya ada pengaruh penggunaan penilaian harian berbasis komputer untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa MI Maarif Mangunsari Salatiga. Hal ini juga menunjukkan bahwa pengembangan penilaian harian diperlukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jun 2020 11:24
Last Modified: 12 Jun 2020 11:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8266

Actions (login required)

View Item View Item