PANGESTIKA, YASHINTA (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEARIFAN LOKAL IRIBAN DESA LEREP, KECAMATAN UNGARAN BARAT TAHUN 2019. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
skripsi completed yashinta pangestika 23010160396.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan Agama Islam adalah usaha sadar untuk membimbing ke arah pembentukan kepribadian peserta didik secara sistematis dan pragmatis, supaya hidup sesuai dengan ajaran Islam, sehingga terjadinya kebahagiaan dunia akhirat. Pelaksanaan upacara Iriban di desa Lerep dan makna dari kegiatan iriban serta komponen yang ada dalam nasi iriban. Dalam kegiatan iriban terdapat nilai pendidikan Islam. Nilai pendidikan Islam yang ada dalam iriban terdiri dari nilai akidah, nilai akhlak, nilai ibadah dan nilai kemasyarakatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan metode yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data. Dalam analisis peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif yang meliputi reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini memaparkan mengenai pelaksanaan upacara Iriban di desa Lerep yang diadakan setiap satu tahun sekali. Dalam pelaksanaannya ditujukan untuk merawat sumber air yang sudah ada. Selain itu melalui iriban juga menanamkan nilai pendidikan Islam guna memperdalam pengetahuan tentang Islam. Nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam kegitan iriban yaitu nilai akidah, nilai akhlak, nilai iibadah dan nilai kemasyarakatan.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Agama > Kebudayaan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Jun 2020 09:56 |
Last Modified: | 16 Jun 2020 09:56 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8284 |
Actions (login required)
View Item |