PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MENELADANI PERJUANGAN RASULULLAH SAW DI MAKKAH MENGGUNAKAN STRATEGI THINK PAIR AND SHARE BERBANTU MEDIA CROSSWORD PUZZLE DAN POWTOON PADA SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Arofah, Muta (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MENELADANI PERJUANGAN RASULULLAH SAW DI MAKKAH MENGGUNAKAN STRATEGI THINK PAIR AND SHARE BERBANTU MEDIA CROSSWORD PUZZLE DAN POWTOON PADA SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Muta Arofah - PAI.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Arofah, Muta. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Meneladani Perjuangan Rasulullah SAW di Makkah Menggunakan Startegi Think Pair and Share dan Media Crossword Puzzle dan Powtoon Siswa Kelas X SMK Diponegoro Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Peni Susapti M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar, PAI, Metode Think Pair and Share, Media Crossword Puzzle, Media Powtoon. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunakan strategi think pair and share berbantu media crossword puzzle dan powtoon dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) materi meneladani perjuangan Rasulullah SAW di Makkah pada siswa kelas X AK1 SMK Diponegoro Salatiga tahun pelajaran 2019/20020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi Think Pair and Share berbantu Media Crossword Puzzle dan Powtoon dapat meningkatkan hasil belajar pada materi meneladani perjuangan Rasulullah SAW di Makkah pada siswa kelas X AK 1 SMK Diponegoro Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil belajar pra siklus peserta didik yang mencapai KKM ada 4 peserta didik atau 15,38% dan yang belum mencapai KKM ada 22 peserta didik atau 84,62% dengan nilai rata-rata kelas 59,54. Siklus I mengalami peningkatan peserta didik yang mencapai KKM ada 10 atau 38,46% dan yang belum mencapai KKM ada 16 peserta didik atau 61,54% dengan nilai rata-rata kelas 68,92. Siklus II mengalami peningkatan lagi peserta didik yang mencapai KKM ada 24 peserta didik atau 92,31% dan yang belum mencapai KKM ada 2 peserta didik atau 7,69% dengan nilai rata-rata kelas 82,54.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Jun 2020 13:30
Last Modified: 17 Jun 2020 06:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8303

Actions (login required)

View Item View Item