PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI SHOLAT JUMAT DENGAN METODE THE LEARNING CELL DAN MODELLING THE WAY PADA SISWA KELAS 7A DI SMP DIPONEGORO DEPOK KAB SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Sutrisno, Faizal (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI SHOLAT JUMAT DENGAN METODE THE LEARNING CELL DAN MODELLING THE WAY PADA SISWA KELAS 7A DI SMP DIPONEGORO DEPOK KAB SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Faizal Sutrisno ( 111 14 009 ).pdf

Download (3MB)

Abstract

Sutrisno, Faizal. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Materi Salat Jumat Dengan Metode The Learning Cell dan Modelling The Way Pada Siswa Kelas 7A di SMP Diponegoro Depok Kab Sleman Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Salatiga. Pembimbing : Dra. Siti Asdiqoh, M. Si. Kata Kunci : Hasil Belajar, The Learning Cell, Modelling The Way, PAI dan Budi Pekerti Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Sholat Jumat menggunakan metode The Learning Cell dan Modelling The Way kelas VII A di SMP Diponegoro Depok Kabupaten Sleman tahun pelajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya melewati 4 tahapan yatu perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengamatan dan tes formatif. Penelitian ini digunakan untuk menjawab permasalahan yaitu apakah penerapan metode The Learning Cell dan Modelling The Way pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi sholat Jumat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A di SMP Diponegoro Depok Kabupaten Sleman tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode The Learning Cell dan Modelling The Way dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti meteri sholat Jumat di kelas VII A SMP Diponegoro Depok Kabupeten Sleman tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini terbukti dari perolehan hasil belajar siswa yang terus meningkat. Hasil penelitian 33 siswa pada tahap pra siklus mencapai ketuntasan ( 54,5% ) hanya 18 siswa yang tuntas, dan ( 45,5% ) atau 15 siswa tidak tuntas, sedangkan yang diharapkan secara klasikal adalah 85 % dari keseluruhan siswa mencapai KKM (nilai 70). Pada siklus I hasil belajar meningkat menjadi ( 75,8% ) atau 25 siswa yang tuntas, dan terdapat ( 24,2% ) atau 8 siswa belum tuntas. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar meningkat meniadi ( 93,1% ) atau sebanyak 31 siswa tuntas, dan ( 6,1% ) atau 2 siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Penelitian ini penulis hentikan karena telah memenuhi ketuntasan siswa persentase secara klasikal yaitu 85%, dengan rata-rata minimal sebesar 75 dalam pencapaian hasil belajarnya.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Jun 2020 14:13
Last Modified: 17 Jun 2020 07:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8305

Actions (login required)

View Item View Item