FARIHA, FIKA (2020) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM INTEGRALISTIK MENURUT K.H. AHMAD DAHLAN. [UNSPECIFIED]
Text
NASKAH SKRIPSI Fika.pdf Download (1MB) |
Abstract
Fariha, Fika. Konsep pendidikan Islam Integralistik Menurut K.H. Ahmad Dahlan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Drs. Bahroni, M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan Integralistik dan K.H. Ahmad Dahlan Pendidikan dalam Islam termasuk bagian dari tugas kekhalifahan manusia yang harus dilakukan dengan tanggug jawab. Tentunya Islam memberikan konsep-konsep dasar tentang pendidikan dan manusia bertanggung jawab untuk mengaplikasikan konsep tersebut dalam dunia pendidikan. Konsep adalah kerangka berpikir, ide, atau rancangan suatu hal. Salah satu tokoh intelektual Muslim yang mencoba merekonstruksi bangunan paradigma yang dapat dijadikan dasar bagi sistem pendidika Nasioal adalah K.H. Ahmad Dahlan. Dari latar belakang tersebut dapat diambil suatu rumusan masalah yaitu tentang konsep pendidikan Islam integralistik dan relevansi pemikiran K.H. Ahmad Dahlan pada konteks pendidikan Islam saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan kesesuaian pemikiran K.H. Ahmad Dahlan yang hendak menyinergikan aspek kognitif, afektif, psikomotorik, dan dalam diri seseorang harus tertanam sikap dan pribadi yang berakhlak karimah. Penelitian yang penulis lakukan ini termasuk dalam penelitian library research dan termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode dokumentasi. Dalam analisis data, penulis menggunakan teknis analisis deskriptif, dengan cara menemukan pola, tema tertentu, mencari hubungan logis antar pemikiran tersebut, kemudian megklasifikasikan pemikiran tokoh sehingga dapat dikelompokkan ke dalam aspek pendidikan Islam yang sesuai. Kemudian langkah terakhir yaitu merumuskan hasil untuk mencapai generalisasi gagasan yang spesifik. Hasil penelitian penulis dapat disampaikan bahwa pemikiran K.H. Ahmad Dahlan tentang konsep pendidikan Islam integralistik dapat terlihat dalam usahanya ketika megintegrasikan dikotomi ilmu pengetahuan, menjaga keseimbangan, bercorak intelektual, moral, da religius. Pendidikan Islam menurutnya adalah mewujudkan manusia yang utuh. Dalam rangka megintegrasikan dua sistem pendidikan, K.H. Ahmad Dahlan lebih banyak mengadopsi sistem sekolah Barat yang sudah maju. Gagasan K.H. Ahmad Dahlan memiliki relevansi apabila dihadapkan pada konteks pendidikan saat ini. Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan yang memiliki keterkaitan dalam pendidikan saat ini adalah aspek tujuan pendidikan Islam dan kurikulum pendidikan Islam, hanya saja butuh pemilahan-pemilahan kesistematisan konsep yang telah disampaikan. Ide pembaharuan K.H. Ahmad Dahlan tentang konsep pendidikan Islam integralistik merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk mencari solusi dari permasalahan pendidikan saat ini.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Jun 2020 19:15 |
Last Modified: | 24 Jun 2020 04:21 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8344 |
Actions (login required)
View Item |