IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV MI MA’ARIF KUMPULREJO 02 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Fitriana, Muzaik Laili (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV MI MA’ARIF KUMPULREJO 02 TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi-Muzaik Laili F.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Fitriana, Muzaik Laili. 2020. Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Urifatun Anis, M. Pd.I. Kata Kunci: implementasi; pendidikan karakter; pembelajaran tematik Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter, nilai-nilai karakter yang dikembangkan, dan hambatan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik di kelas IV MI Ma’arif Kumpulrejo 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil wawancara kepala sekolah dan guru kelas, sedangkan sumber data sekunder yakni data peserta didik, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran dan dokumen lainnya. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter terdiri atas perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran tematik. Perencanaan pembelajaran yang digunakan tidak dibuat sendiri oleh guru, namun sudah menunjukkan adanya pengintegrasian pendidikan karakter. Dalam hal pelaksanaan, guru mengimplementasikannya melalui kegiatan pembelajaran, metode pembelajaran, kegiatan spontan, serta menciptakan suasana belajar yang kondusif. Dalam pembelajaran tematik guru mengembangkan dan menanamkan sebelas nilai karakter, yaitu religius, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Hambatan yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter adalah lingkungan tempat tinggal siswa, daya dukung orang tua, dan fokus guru.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jun 2020 21:36
Last Modified: 22 Jun 2020 04:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8350

Actions (login required)

View Item View Item